Beranda Headline Asal Puniakan Ratu Nurul Adiati

Asal Puniakan Ratu Nurul Adiati

169

SKALABRAKNEWS – Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati Gelar Ratu Mas Itton Dalom Ratu Kepaksian Pernong adalah Permaisuri dari Sultan Sekala Brak di Istana Gedung Dalom Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong (Kerajaan Sekala Brak) Sejak 20 Mei 1989 Masehi.

Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati keturunan SaiBatin Kebandakhan Raja Basa Semuwong sekaligus tokoh masyarakat Lampung, Drs. H. Mochtar Hasan,S.H. gelar Pangeran Indra Bangsawan yang biasa disebut Manuk Bekhuga dari Semaka Ayam hutan jantan dari Tanggamus. Drs. H. Mochtar Hasan,S.H. putra dari Pangeran Amir Hamjah keturunan dari Negeri Sekala Brak.

Diriwayatkan kebesaran dari Pangeran Amir Hamjah Ajjong (Nenek laki-laki) dari pada Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati di dapat dari Kesultanan Banten karena pada jaman itu Pangeran Amir Hamjah di minta Kesultanan Banten untuk membantu peperangan di Banten kala itu.

Baca Juga :  Duka Raja Untuk Nasroni Syarkawi

Dari dahulu hingga jaman Pra-sejarah rakyat raja basa terkenal sangat pemberani, di Semaka rakyat bandar raja basa daerah ini disebut Kebandakhan/Kebandaran Raja Basa yang sangat terkenal pemberani dan tidak ada yang ditakuti inilah ciri khas dari pada rakyat Kebandakhan Raja Basa. Drs. H. Mochtar Hasan,S.H. gelar Pangeran Indra Bangsawan Akan (Ayah) dari Permaisuri dari Sultan Sekala Brak di Istana Gedung Dalom yang pernah menjabat Sekretaris Daerah yang pertama di Pemerintah Propinsi Lampung.

Wilayah Kebandakhan Raja Basa secara kultural memang bagian dari wilayah Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati gelar Ratu Mas Iton Dalom Ratu Kepaksian Pernong, dilahirkan di Kebandakhan Raja Basa, Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga :  Wujutkan Kepedulian Di Bulan Suci,AMPG Dan Aspeknas Bagikan Nasi Kotak

Daerah yang memiliki dermaga laut pada masa lalu memiliki hubungan dekat dengan Kesultanan Banten. Bahkan Kebandakhan Raja Basa memiliki garis lurus ke timur tenggara, persis dengan posisi bandar di Banten, Bahkan menurut riwayat, pada saat-saat tertentu, permukaan air dari Kebandakhan Raja Basa hingga ke Banten keadaanya terlihat seperti permadani, tenang-datar, namun angin bertiup kencang sehingga perahu menjadi sangat laju.

Kebandakhan Raja Basa, salah satu Kebandakhan dalam pengaruh kekuasaan Kesultanan Banten. Pada masa lampau, pemuka masyarakat dan adat di Kebandakhan Raja Basa, keturunan dari Tutu Khatin bernama Seba menghadap ke Kesultanan Banten.

Dia mendapat gelar Pangeran Rasa manggala dari Kesultanan Banten. Dia juga mempunyai saudara yang tinggal di Banten, Pangeran Warta Manggala. Hubungan dagang, hubungan politik, dan hubungan budaya antara Kebandakhan Raja Basa dan Banten telah berjalan lama.

Baca Juga :  Ucapkan Belasungkawa, Sultan Sekala Brak Sebut Ibu Ani Sosok Inspiratif Bagi Masyarakat Indonesia

Putri pertama dari Puniakan Ratu Ir. Nurul Adiati Gelar Ratu Mas Itton Dalom Ratu Kepaksian Pernong Sekala Brak adalah Dalom Putri Aregina Nareswari Firuzzaurahma Pernong,S.H.,M.H. dan Putra Mahkota Pangeran Alprinse Syah Pernong. (Yanto tekcoy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here