Beranda Headline Curi 200 Tandan Sawit, Dua Buronan Asal Anak Tuha Ditangkap

Curi 200 Tandan Sawit, Dua Buronan Asal Anak Tuha Ditangkap

25

LAMPUNGTENGAH – Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polres Lampung Tengah membekuk dua orang buronan atas pencurian 200 tandan kelapa sawit PT. BSA di Kampung Aji Tua Kec. Anak Tuha Kab. Lampung Tengah.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Wawan Setiawan melalui Kasat Reskrim AKP Edi Qorinas menjelaskan, kedua tersangka yang masuk daftar pencarian orang (DPO) tersebut ditangkap saat diketahui sedang berada di rumah.

“Setelah mengetahui DPO pelaku curat buah sawit berada dirumahnya tim Tekab dipimpin oleh IPDA Pande langsung melakukan pengrebekan di rumah masing-masing pelaku yang berada di dusun Sinar Jaya, Kampung Negara Aji Tua, Kecamatan Anak Tuha,” ungkapnya, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga :  Tangkal Penyebaran Covid-19, Forum Muli Mekhanai Bagikan Ribuan Masker Gratis di Lampung Tengah

AKP Edi Qorinas mengungkapkan, kedua buronan yang ditangkap tersebut ialah MY alias Yusuf dan SRN alias Saro. Mereka dibekuk pada Selasa 6 Juli 2021 sekira pukul 02.00 WIB.

“Karena sebelumnya sudah ditangkap dua pelaku pencurian buah sawit yaitu Bustomi bersama Irwansyah. Petugas juga sudah amankan barang buktinya yaitu 1 unit Mobil pik up yang digunakan untuk memuat buah kelapa sawit dan kedua pelaku yang sebelumnya diamankan telah menjalani hukumannya,” bebernya.

Kasat menerangkan, penangkapan komplotan pencuri sawit di Kec. Anak Tuha tersebut terungkap atas laporan petugas Satpam PT. BSA. Dimana komplotan itu mencuri 200 tandan kelapa sawit dengan berat 5,2 ton.

“Modusnya dengan cara memetik buah sawit diatas pohon menggunakan egrek atau bambu panjang yang diujungnya diberi sabit. Mereka melancarkan aksinya di areal perkebunan sawit blok M milik PT. BSA Anak Tuha. Kemudian buah sawit yang terkumpul dinaikan ke mobil pik up dan dijual oleh para pelaku pada hari Rabu 16 Desember 2021 sekira Pukul 15.00 WIB,” jelasnya.

Baca Juga :  SMA Negeri 4 Metro Kirimkan 5 Siswa Terbaik Untuk Mengibarkan Bendera Pusaka Di Kota Metro

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua buronan pencuri sawit tersebut terancam menyusul kedua rekannya di penjara. Mereka terancam pasal 363 KUHP dengan hukuman 7 tahun Penjara. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here