Beranda Headline Bincang Rapemda AKP Edi Qorinas Jelaskan Fungsi Tekab 308

Bincang Rapemda AKP Edi Qorinas Jelaskan Fungsi Tekab 308

219

Caption AKP Edi Qorinas Baju Putih Saat Bincang RAPEMDA
Caption AKP Edi Qorinas Baju Putih Saat Bincang RAPEMDA

LAMTENG – Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Lampung Tengah menjelaskan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 dalam menekan angka kriminalitas kepada masyarakat pendengar setia Rapemda Lamteng, Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, Tekab merupakan tim khusus dengan Sumber Daya Manusia yang mumpuni untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Tekab 308 Ini adalah perkuatan atau alat pemukul, jadi dimana ada Kejahatan Disitu ada Tekab 308, untuk SDM nya Itu orang pilihan atau kita rekrut dari anggota Reskrim kemudian kita latih, kemudian kita berikan perlengkapan yang khusus juga,” kata dia.

Ia juga merinci hasil operasi cempaka yang telah dilakukan, menurutnya lebih banyak pembinaan dari pada penegakan hukum. Meski begitu, terdapat beberapa penegakan hukum mulai dari judi, curas hingga premanisme.

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas, Intel Metro Datangi Ormas LMP

“Kriminalitas di lampung tengah ini di dominasi premanisme yang mereka terkadang tidak tau jika apa yang mereka lakukan merupakan pelanggaran. Contohnya adanya premanisme seperti minta-minta, mereka tidak sadar apa yang mereka lakukan adalah sebuah kejahatan, sehingga inilah yang harus kita berikan pemahaman karena ini tugas tugas dari polisi, domainnya ada di Babinkabtibmas,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, dalam situasi pandemi pihaknya melakukan upaya penangkapan oleh Tekab 308 dalam keadaan steril. Mulai dari menggunakan masker, Haandsanitizer dan penyemprotan cairan desinfektan pada kendaraan yang akan digunakan untuk melakukan penangkapan.

“Kemudian responsibilitas yang dimaknai sebagai rasa tanggung jawab,yang di wujudkan,dalam ucapan atau sikab prilaku yang responsif dalam melaksanakan tugas bertujuan untuk secara keseluruhan di tunjukkan untuk menjamin kepentingan dan harapan masyarakat dalam mencapai keamanan,” bebernya.

Baca Juga :  Tinjau Jalan Ambrol Loekman : Secepatnya Kita Perbaiki

Ia berharap, tranparansi berkeadilan akan teralisasi dari prinsip cara berpikir sistem yang terbuka dan humanis. Pihaknya siap diawasi sehingga pelaksanaan tugas kepolisian dapat menjamin rasa aman dan berkeadilan bagi masyarakat seperti slogan Presisi dari Kapolri.

“Ditengah pandemi Covid-19 ini masyarakat lampung tengah harus tetap waspada jaga kesehatan, jaga imunnya makan yang banyak bergizi, jangan sampai kita terkena covid 19 ini dan jika ada petunjuk dari pemerintah setempat, dalam hal ini kepala kampung, kemudian puskesmas setempat untuk melaksanakan vaksin segera lakukan, supaya kita terhindar dari wabah covid 19 ini,” pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here