Beranda Headline Suttan Rajo Mudo Apresiasi langkah konkrit Polda Lampung

Suttan Rajo Mudo Apresiasi langkah konkrit Polda Lampung

78

Kotabumi : Rahmat Santori ( Suttan Rajo Mudo ) Apresiasi langkah konkrit Polda Lampung Dalam penanganan kasus dugaan penyerobotan ulayat adat dan pemalsuan silsilah marga dantaran way handak lampung selatan.

Menurut Rahmat Santori langkah-langkah hukum yang dilakukan penyidik polda lampung adalah suatu bentuk kinerja yang patut diapresiasi, sekaligus sebagai kerja nyata heroisme kepolisian dalam menjaga dan merawat masyarakat hukum adat dinusantara, terkhusus dibumi lampung.

dalam arus dzaman modernisasi dan digitalisasi seperti saat ini bukan hal yang mudah dalam menjawab tantangan dzaman, dimana masyarakat lebih banyak cenderung apatis serta enggan menjaga da n menjalankan tata titi adat yang sudah sangat lama diwariskan nenek moyang. Tetapi tantangan tersebut tidak menjadi pesimisme terhadap masyarakat adat yang ada dibumi lampung “sang bumi ruwa jurai” untuk terus mempertahankan khasanah adat sebagai identitas NKRI, walau perkembangan digitalisasi pula menjadi momentum oknum-oknum tsb memainkan perannya dengan mengatasnamakan adat. sama halnya dengan case dimarga dantaran wayhandak ini, TSK Inisial MTR diduga menghalal segala cara untuk kepentingan pribadi, langkah langkah melawan titi gumatti serta melawan hukum ini harus mendapat tindakan keras. sebagai stimulan terhadap oknum yang sudah memindah tangankan tanah adat marga dantaran wayhandak dengan melakukan pemalsuan dokumen.

Baca Juga :  Loekman, Tanamkan Rasa Gotong Royong kepada Warga Seputih Raman

apalagi keluarga besar kita lima marga diway handak ini sistem adatnya sai batin cenderung autokrasi, artinya terkait kepemimpinan dan keputusan final dipegang tunggal satu orang atau disebut sai batin marga yang bergelar pangeran. ucap ST Rajo Mudo, sosok muda penggiat adat budaya dilampung utara ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here