In Memoriam #Since2019 – Kunjungan Paduka YM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang di-Pertuan Ke 23 dikediaman puwakhi angkon-nya di Lampung Tengah

In Memoriam #Since2019 - Kunjungan Paduka YM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang di-Pertuan Ke 23 dikediaman puwakhi angkon-nya di Lampung TengahFoto istimewa

SKALABRAKNEWS.COM LAMTENG : In Memoriam #Since2019 – Kunjungan Paduka YM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang di-Pertuan Ke 23 dikediaman puwakhi angkon-nya di Lampung Tengah.

Oktober 2019 merupakan diantara waktu kesekian kalinya sosok raja Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong ini bertandang ke Bumi Beguwai Jejamo Wawai / Lampung Tengah. Dalam istilah Abung, Ngawas Kaban Adik Wakhei. Ngawas memiliki makna menjenguk, Kata lain dari Ngawas adalah Nahhas. Ngawas sebagai sebuah kebiasaan Ulun Lampung dalam menjalin dan menyambung tali silaturahim antar keluarga maupun kerabat.

Falsafah dalam sebuah tatanan hidup masyarakat Lampung mengenal sebuah pedoman yang disebut Fiil Pusenggiri. Salah satu diantara nilai yang termaktub dalam pedoman hidup tersebut adalah Nengah Nyappur dan Sakai Sambayan serta Nemui Nyimah.

Baca Juga :  Supran anggarkan add untuk penanganan dan pencegahan covid 19

Ditengah kesibukan dan rutinitas beliau, Paduka YM senantiasa berusaha menyempatkan waktunya untuk memenuhi undangan baik dari keluarga, sahabat, kerabat dan masyarakat adatnya yang akan melaksanakan suatu acara. Tidak memandang latarbelakang, Ia senantiasa berupaya mengusahakan waktu agar dapat hadir ditengah mereka yang memberikan urawan, uleman dll terhadapnya.

Hal ini menunjukkan betapa rendah hati sosok seorang raja yang merakyat dan merangkul semua golongan yang menjadi tauladan kita semua.

Foto diatas merupakan salah satu momentum bersejarah hari ini dan esok bagi kita. Paduka YM bertandang ke Buay Unyi Bandar Buyut dikediman adik angkatnya Candra Wijaya saat melaksanakan pesta pernikahan.

Setiba di Bandar Buyut pada bulan Oktober 2019 lalu beliau disambut langsung oleh Penyimbang Adat dan masyarakat setempat. Kedatangannya di Bandar Buyut merupakan kali kedua setelah sebelumnya beliau hadir ditempat yang sama.

Baca Juga :  Bupati Loekman Gotong Royong Di Kampung Rama Indra

Kemudian sepulang dari Bandar Buyut, Beliau memenuhi undangan Nyeruit makan siang bersama dikediaman Musa Ahmad, Salah satu tokoh Lampung Tengah yang berasal dari Subing Terbanggi Besar. Diterbanggi besar, Beliau disambut oleh keluarga besar sosok yang akrab disapa Ahi Musa itu.

Kunjungan beliau didampingi langsung oleh kakak angkon-nya, Minak Alamsyah, Penyimbang Adat Subing Terbanggi Ilir, Ardito Wijaya putera pertama sahabatnya yaitu bapak Pairin yang saat ini menjabat Walikota Metro dan Baroji, Anggota DPRD Lampung Tengah yang juga telah diangkat menjadi Kerabat Gedung Dalom Kepaksian Pernong. Beliau dan rombongan dikawal langsung oleh para panglima, para punggawa, hulu balang, humas kepaksian, para pendekar dan pasukan lainnya.

Baca Juga :  Tangkal Penyebaran Covid-19, Forum Muli Mekhanai Bagikan Ribuan Masker Gratis di Lampung Tengah

Betapa indah kekeluargaan ditanah Lampung menunjukkan harmonisasi masyarakat dengan kehidupan yang guyub rukun dan damai.

Semoga Allah SWT, Tuhan YME senantiasa memberikan kesehatan, kemudahan dalam segala urusan serta keberkahan umur yang panjang kepada beliau. Aamiin YRA…

Salam kemuwakhian, Tabik Pun..!!

Comment here