Beranda Metro Tingkat Kemiskinan Di Kota Metro Mengalami Penurunan Signifikan

Tingkat Kemiskinan Di Kota Metro Mengalami Penurunan Signifikan

102

METRO – Tingkat kemiskinan di Kota Metro mengalami penurunan cukup signifikan, yakni mencapai 8,89% di tahun 2019.

Hal tersebut terungkap melalui data BPS yang menyatakan tingkat kemiskinan atau persentase penduduk miskin di Kota Metro mengalami penurunan yang signifikan. Terbukti, dari tahun 2017—2019 mengalami penurunan yaitu dari 9,89% pada 2017, kemudian 9,14% pada tahun 2018 dan 8,89 pada 2019.

Hal itulah yang membuat lega Walikota Metro A.Pairin (14/4). Menurutnya, upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Metro menunjukkan hasil yang baik. Karena dapat dilihat tingkat kemiskinan yang semakin menurun secara signifikan dari tahun ke tahunnya. Terbukti dari hasil persentase dari BPS mengungkap angka kemiskinan di Kota Metro di tahun 2019 mencapai 8,89% dari 9,14% di tahun 2018.

Baca Juga :  Achmad Pairin Resmi Buka MTQ ke 14 Tingkat Kota Metro

Menurut Walikota A.Pairin faktor yang mempengaruhi angka kemiskinan tersebut, selain faktor ekonomi dan pendidikan, faktor sosial lainnya seperti pola hidup masyarakat juga berpengaruh menjadi salah satu indikator dalam pendataan penduduk miskin.

Dikatakannya, dibidang ekonomi, pemkot telah memprioritaskan pada pemberdayaan ekonomi rakyat yang berada pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta pemberdayaan kelembagaan koperasi. Untuk pembangunan perekonomian yang strategis telah diarahkan pada peningkatan nilai tambah dengan pemberdayaan ekonomi kreatif.

“Pemkot akan mendukung fasilitas dan pemberian insentif untuk memunculkan dan mengembangkan ekonominya yang berbasis pada potensi lokal dipadukan dengan potensi kreatif warga, sehingga dapat menghasilkan nilai tambah pada produk ekonominya,”tuturnya. (*)