Pun Edward Syah Pernong,Angkon Muakhi Dengan Kapolda Lampung

Pun Edward Syah Pernong,Angkon Muakhi Dengan Kapolda LampungFoto istimewa

SKALABRAKNEWS.COM LAMPUNG BARAT : Kunjungan kerja Kapolda Lampung, Irjen (Pol) Purwadi , ke Lampung Barat, Kamis (25/7) , terasa lebih istimewa. Lantaran kunker kali ini tidak sebatas bertemu jajaran kepolisian di Polres Lampung Barat (Lambar) saja. Pada kesempatan itu Kapolda mendapat jamuan khusus makan siang bersama Sultan Kerajaan Skala Bkhak, Edward Syah Pernong Gelar Sultan Pangeran Raja Kesaksian Pernong yang dipertuan ke-XIII.

Saat tiba di Gedung Dalom di Kecamatan Batu brak, polisi berpangkat bintang dua tersebut disambut langsung Putra Mahkota Pangeran Alprinse Syah Pernong Dan Pasukan Yang Mulia Puniakan Dalom Beliau Pangeran Edwar Syah Pernong, juga jajaran kerajaan para saibatin dan penyimbang adat yang ada di Lambar, serta Bupati Parosil Mabsus dan Jajarannya, turut hadir pula mantan bupati Lambar 2012-2017 Mukhlis Basri.

Baca Juga :  Tokoh Adat Lampung,Pangeran Edward Syah Pernong ,Raih Penghargaan Sebagai Pejuang Demokrasi

Prosesi Akkon Muakhi Kapolda Lampung dengan Pangeran Edward Syah Pernong disaksikan langsung oleh Putra Mahkota kerajaan para raja-raja jukuan ( raja-raja suku) dibawah kerajaan kepaksian pernong, para bangsawan tinggi kerajaan, penglima kerajaan, para hulu balang dan para perndekar kerajaan. Selain itu prosesi Akkon muakhi yang menjadi petanda masuknya kapolda sebagai kerabat kerajaan sekala bekhak juga di saksikan oleh Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, Kapolres Lambar, AKBP Doni Wahyudi, Dandim 0422, Letkol Kav Andri Cahyo, Calon anggota DPR RI Terpilih, Mukhlis Basri, dan beberapa tokoh masyarakat adat Lampung tengah serta para kerabat kerjaan.

Prosesi Akkon Muakhi Kapolda Lampung dengan pangeran Edward Syah Pernong tertuang dalam piagam adat No : 055/PA/SB/KP/VII/2018, yang menegaskan Sai Bati Raja Adat kerajaan adat paksi pak sekala bekhak kepaksian pernong Lampung sebagai pemegang kekuasaan tertinggi sebagai pemilik dan penguasa adat kerajaan adat kepaksian pernong menyatakan Akkon Muakhi kepada Kapolda lampung IrjenPol Purwadi Arianto.(*)

Comment here