Beranda Headline Keluarga Besar Kepaksian Pernong Doa Dan Buka Bersama Di Gedung dalom Gotong...

Keluarga Besar Kepaksian Pernong Doa Dan Buka Bersama Di Gedung dalom Gotong Royong

217
Keluarga Besar Kepaksian Pernong Doa Dan Buka Bersama Di Gedung dalom Gotong RoyongFoto istimewa

SKALABRAKNEWS.COM BANDARLAMPUNG : Keluarga Besar Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Menggelar buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Humas Kepaksian Dan Muli Mekhanai Paksi. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Dalom Kepaksian Pernong, Jalan MH Tamrin Nomor 19 A, Gotong Royong, Bandar Lampung ini berjalan dengan khidmat.

Acara Doa dan Buka Puasa Bersama dihadiri segenap raja raja Jukkuan Paksi dan perwakilan Raja di Bandar Lampung, Juru Bicara Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, Muli Mekhanai Paksi dan segenap pengurus Humas Hanggum Jejama. Turut hadir juga salah satu Jelma Balak Ni Gedung Dalom, Raden Kiemas Panji Utama yang juga menjabat sebagai Pimpinan Redaksi Lampung Post, Dr. Iskandar Zulkarnain, Pemerhati Budaya Lampung Rosim Nyerupa, Rifqi Masyhuri Dinata Dari Sungkai Bunga Mayang, Muhammad Ali dari Jabung Lampung Timur, Perwakilan Keluarga Puwakhi Punsu Marga Tionghoa.

Baca Juga :  Bupati Loekman,Dengan Adanya Pasar KWT Ini Mampu Mendongkrak Prekonomian warga

Juru Bicara Kerajaan – Raja Duta Perbangsa yang memberi kata sambutan menyampaikan salam kepada minak muakhi dari Paduka YM SPDB. Pangeran Edwarsyah Pernong, Sultan sekala brak yang dipertuan 23.

Dalam sambutannya, Raja Duta Perbangsa menyampaikan buka bersama sebagai wadah silaturahmi untuk mempererat memperekat keminakmuwakhian khususnya di Kepaksian Pernong yang ada di Bandar Lampung.

“Pada prinsipnya Paduka YM SPDB ingin sekali hadir dalam kebersamaan kita hari ini, namun karena beliau ada kegiatan yang sama digedung Dalom Jakarta. Beliau menyampaikan salam kepada kita semua wabilkhusus para raja Jukkuan Paksi, Humas dan Muli Mekhanai Paksi dan seluruh Minak Muwakhi yang hadir pada sore hari ini. Melalui momentum buka bersama hari ini, Kita Mempererat dan memperekat tali silaturahmi kita” Sampainya.

Baca Juga :  Supran anggarkan add untuk penanganan dan pencegahan covid 19

Dalam kesempatan tersebut, Raja Duta Perbangsa juga menyampaikan sedikit ulasan mengenai keberadaan Istana Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong yang masih proses pembangunan tahap ke III.

“Alhamdulillah berkat doa dan ikhtiar Minak muwakhi semuanya, Gedung Dalom Kepaksian Pernong yang baru masih dalam proses pembangunan tahap ke III, Sama dengan Gedung Dalom yang lama, Gedung Dalom yang baru berada di Batu Brak Lampung Barat. Kerajaan Sekala Brak Itu terdiri dari empat dan keempat istana kerajaannya terdiri dari empat, Kepaksian Pernong di Batu Brak, Kepaksian Bejalan Diway di Kembahang, Kepaksian Nyerupa berada di Sukau dan Kepaksian Belunguh berada di Kenali Lampung Barat” Imbuhnya.

Baca Juga :  Supran anggarkan add untuk penanganan dan pencegahan covid 19

Ia menambahkan bahwa didalam adat Saibatin, Paksi Pak Sekala Brak, Gedung Dalom hanya ada satu dan miliknya Saibatin. Diluar keempat istana tersebut tidak ada istana kerajaan Paksi Pak Sekala Brak selain yang berada di Lampung Barat dan kediamannya Saibatin disebut Gedung Dalom.

Doa disampaikan oleh Raja Susunan, H. M. Arif Ramli yang mengirimkan doa kepada keluarga almarhum dan almarhumah SPDB serta keluarga yang Minak Muwakhi yang hadir dalam buka bersama tersebut.

Buka Puasa Bersama merupakan agenda rutin tahunan Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here