Beranda Headline Bangga Dengan Kapolres dan waka Polres lamteng Turun Ke lokasi langsung

Bangga Dengan Kapolres dan waka Polres lamteng Turun Ke lokasi langsung

84
Bangga Dengan Kapolres dan waka Polres lamteng Turun Ke lokasi langsungFoto istimewa

SKALABRAKNEWS.COM LAMTENG : Bangga dengan Kapolres AKBP Made Rasma Sik Dan Waka Polres Kompol Harto agung cahyono Sik Turun ke Lokasi langsung. Selaku aparat keamanan ketika terjadi sebuah peristiwa yang menyangkut kamtibmas sudah menjadi kewenangan dalam pengamanan, Kita apresiasi dan patut mengapresiasi gerak cepat pihak keamanan apalagi Kapolres dengan ligat mendatangi warga setempat.

Bentrok antar warga di Lampung Tengah dalam kurun beberapa bulan ini sudah terjadi dua kali ini. Pertama dibumi ratu nuban yang juga terlibat didalamnya paguyuban bernama Pambers, Meskipun sampai dengan hari ini tidak ada kejelasan meskipun pihak korban telah diperhatikan oleh pemerintah, Namun bukan persoalan itu, Tetapi bagaimana pemerintah mampu mengantisipasi konflik horizontal ditengah masyarakat. Belum lama konflik di Bumi Ratu terjadi, Belum sembuh secara psikologis, Kini konflik ditengah masyarakat kembali terjadi didaerah yang sama berbeda kecamatan yang terjadi di Kampung Buyut Udik dengan paguyuban yang sama. Titik dimana tidak jauh dari pusat pemerintahan kabupaten setempat. Sama dengan peristiwa di Bumi Ratu meskipun berbeda latar belakang akar persoalan konflik terjadi, Kita melihat upaya pemerintah daerah dalam mencegah konflik horizontal ditengah masyarakat belum serius. Dalam konteks pemerintahan daerah, Masyarakat selaku warga sipil adalah rakyatnya kepala daerah. Selaku pemimpin idealnya setiap peristiwa yang menyangkut umat banyak seyogyanya bupati ada dan berada ditengah masyarakat, _”lihat…ada apa….tolong lihat saya….saya pemimpin kalian…..tutugan kalian….”_ Jika ketokohan pimpinan terlihat maka masyarakat akan enggan untuk melakukan tindakan isendetal lebih kepada apa kata pimpinan … Dapat kita lihat dalam video ini misalkan, Lagi-lagi dengan cepat tidak ada bupati terlihat dengan ligat dan cepat berada ditengah rakyatnya yang sedang berkonflik.

Baca Juga :  Keluarga Jenazah PDP Asal OKU Sepakat Pemakaman Di Metro

Mana tidak ada nampak, Bupati 30 menit dari kejadian muncul ditengah saudara kita dibuyut ?……..Seharusnya bupati lebih peka dengan peristiwa seperti ini apalagi ia pernah di Kesbangpol dalam perjalanan karirnya. Kondisi seperti ini, Kita tidak bermaksud untuk menyalahkan siapa-siapa… Tapi mempertanyakan pemimpin dalam situasi dan kondisi begini…Maka itulah pentingnya kepala daerah menetap dikabupatennya. Biar dengan mudah jika ada apa-apa ia cepat dengan tanggap…. Jangan sampai beralasan yang tidak-tidak, Ketegasan pemimpin dipertanyakan…

Semustinya kejadian di Bumi Ratu menjadi evaluasi bupati untuk bagaimana menyiasati bagaimana supaya peristiwa yang sama tidak terjadi lagi…Melalui berbagai pendekatan persuasif kepada masyarakatnya. Jika kita selaku masyarakat saja menilai keberadaan paguyuban tersebut berbaya, Maka kita meyakini apalagi analisis intelijen baik Pemda maupun aparat.

Baca Juga :  Tangkal Penyebaran Covid-19, Forum Muli Mekhanai Bagikan Ribuan Masker Gratis di Lampung Tengah

Maka, Tidak alasan lagi bagi pemerintah daerah, Dalam hal ini bupati dengan tegas membubarkan paguyuban yang sudah jelas….!

Salam….
Rosim Nyerupa

*Damai Itu Indah*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here