Beranda Headline Adventorial DPRD Kota Metro Bentuk 3 Pansus Raperda Inisiatif

DPRD Kota Metro Bentuk 3 Pansus Raperda Inisiatif

62

Metro – Jum’at, (26/4/2019), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro membentuk panitia khusus (Pansus) 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif. Ketiga pansus tersebut diantaranya Pansus Raperda tentang Pemerintahan Berbasis Elektronik, Pansus Raperda tentang Kawasan Pemukiman, dan Pansus Raperda tentang Perlindungan Konsumen.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Metro Yulianto mengatakan, pembentukan pansus DPRD akan segera dilakukan untuk masing-masing raperda. Sehingga target sebelum lebaran bisa terselesaikan. “Insyaallah kita akan segera bentuk pansus. Apalagi seperti Raperda tentang Perlindungan Konsumen yang berkaitan langsung dengan masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk Raperda tentang Pemerintahan Berbasis Elektronik harapannya masyarakat bisa memberikan masukan-masukan langsung. Karena dengan raperda ini masyarakat bisa terlibat langsung dan bisa memberikan kontribusi lebih cepat melalui media sosial. “Sehingga partisipasi publik lebih kentara,” ujarnya.

Baca Juga :  Jenice Mart Mengucapkan Selamat Hut Yang Ke 4 Skalabraknews.com

Selanjutnya, Raperda tentang Kawasan Pemukiman ini harapannya di Kota Metro tidak terjadi pemukiman yang tidak teratur. Seperti adanya kawasan kumuh. “Sehingga masyarakat tidak dengan mudah membangun, dan menimbulkan kawasan kumuh,” ungkapnya.

Kemudian, Raperda tentang Perlindungan konsumen selama ini kan kurang terlindungi. Dengan adanya raperda ini masyarakat lebih terlindungi. Selain itu, pengusaha juga tidak bisa sewenang-wenang memproduksi produk atau jasanya.

“Jadi dengan raperda ini, masyarakat akan bisa langsung melakukan pengaduan ke pemerintah daerah untuk memberikan solusi. Tidak hanya itu, dengan adanya Raperda tentang Kawasan Pemukiman tersebut juga akan disinergikan dengan Perda tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW),” tukasnya.