Beranda Headline Polisi Sikat Sindikat Pencuri Dengan Modus Ganjal ATM Di Metro

Polisi Sikat Sindikat Pencuri Dengan Modus Ganjal ATM Di Metro

67
Polisi Sikat Sindikat Pencuri Dengan Modus Ganjal ATM Di Metro

SKALABRAKNEWS.COM METRO – Empat pelaku terduga komplotan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diringkus anggota Polres Metro. Dalam aksinya, kompolotan ini hanya bermodal dua buah tusuk gigi.

Pencurian dengan modus ganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ini menimpa EV (24) warga Sukacari, Kab. Lampung Timur di ATM BNI Jln. Paria Kel. Iringmulyo, Metro Timur, Minggu (24/2/2019) sekira pukul 17.00 Wib.

Kasat Reskrim Polres Metro AKP Gigih Putra Putranto, S.H, S.Ik mewakili Kapolres Metro AKBP Ganda MH Saragih, S.Ik mengatakan, pelaku pelaku sengaja membuat jebakan dengan memasang batang tusuk gigi yang diwarnai dengan spidol hitam ke dalam lubang kartu ATM.

“Para pelaku kemudian berada di sekitar ATM dan mengintai orang yang hendak masuk ke ATM tersebut. Ketika ada orang yang masuk dan kemudian merasa kesulitan untuk melakukan transaksi, mereka kemudian masuk dan pura-pura memberikan pertolongan,” ungkap Gigih, Senin (25/7/2019).

Baca Juga :  Kembalikan Berkas Ke Demokrat, Langkah TEC Semakin Mantap

Saat memberikan pertolongan, tiga pelaku yang saat ini menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) berinisial GG(25), TK(30), MW(30) yang merupakan pelaku asal Bandar Lampung memantau situasi di sekitar lokasi anjungan sedangkan yang peran masuk ke ATM yaitu pelaku berinisial AB (23) warga Rokan Hulu, Riau.

Pelaku AB kemudian meminta pin ATM korbannya dengan alibi mereka dapat menolong. “Mesin ATM itu nanti error, MW ini akan mendekati calon korban yang sedang kebingungan karena ATM tidak bisa dimasukkan, masuklah AB dia berpura-pura membantu, terus mengamati pin ATM yang dimasukkan korban,” ucap Gigih.

Ketika melihat korbannya geram hingga akhirnya meninggalkan mesin ATM dengan kartu ATM yang tertelan, kemudian para pelaku melancarkan askinya untuk menguras uang korban EV (24) sebanyak 74.000.000,-.

Baca Juga :  Satreskrim Polres Tanggamus Ungkap Laporan Palsu Curas Begal

“Atas perbuatannya mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkas Gigih. (Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here