Pangeran Edward Syah Pernong Kukuhkan Raja Jukkuan Paksi

Pangeran Edward Syah Pernong Kukuhkan Raja Jukkuan PaksiFoto Pangeran Edward Syah Pernong Di Dampingi Bupati Pesawaran Dendi Ramadona ST kerabat Gedung dalom prosesi lapahan saibatin

SKALABRAKNEWS.COM Lampung – Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke 23 Saibatin Puniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong mengukuhkan M. Noverdi Adhitama Putra diangkat sebagai Khaja dengan Adok/Gelar Adat Khaja Penyimbang Alam yang berkedudukan sebagai Kepala Jukkuan Paksi Perwakilan Lamban Banjakh Agung Pekon Kekhang Batu Bekhak Lampung Barat di Pekon Suka Jaya, Kec. Way Khilau, Pesawaran dan Istrinya yang bernama Fajriani Marwah dengan Adok/Gelar Adat Khadin Ayu Kesuma hari ini, Senin (18/2).

Prosesi yang berlangsung dengan khidmat tersebut dihadiri oleh Bupati Pesawaran yang juga kerabat dekat Gedung Dalom Kepaksian Pernong H. Dendi Ramadhona, ST, Pengikhan Faksi Makhga Beserta Istri, Nanda Indiria Dendi, SE, Khatu Kesuma Enton. Dr. Iskandar Zulkarnain, Raden Kiemas Panji Utama, Kombes Pol. Subekti, S.IK, Dirkrimsus Polda Lampung, AKP. Edi Qorinas, SH, Pengiran Kepala Mega, Kasatreskrim Polres Tanggamus yang juga salah satu penyimbang Sungkai serta Pemuka Agung, Bustami, SP, Ketua Kesatuan Penyimbang Marga Putuh Waylima.

Baca Juga :  Anak Bunuh Bapak,Begini Ceritanya

Dalam amanah adatnya, Pangeran Edward Syah Pernong mengatakan bahwa untuk menjaga adat diperlukan kesetiaan dan pengorbanan.

“Kita bisa melihat para punyimbang dan banyak masyarakat dapat mengikuti prosesi adat ini dengan khidmat. Bahkan ada bapak Bupati dan Bapak Dirkrimsus yang mewakili Kapolda tetap hadir sampai saat ini. Ini butuh pengorbanan dari kita semua karena tentu banyak kesibukan yang harus ditinggalkan untuk bisa hadir di tempat ini. Begitu juga dengan para bahatur, punggawa, panglima baik yang dari Lampung Barat, Lampung Selatan maupun wilayah Tanggamus Pringsewu.
Hanibung pekon tuha, Tanno khadu kebun kahua, Kik kutti temon setia, Sai batin kuwawa bella” Sampai Pangeran Edward Syah Pernong.

Baca Juga :  Vita Minta Do'a Dan Dukungan Sang Sultan

Sebagai warisan luhur nenek moyang kita, Adat Istiadat harus kita jaga agar tetap lestari dan eksis apalagi diera globalisasi saat ini, Dunia semakin maju.

“Diera globalisasi saat ini dunia semakin maju, Tidak menutup kemungkinan ini akan berpengaruh terhadap eksistensi dan kelestarian adat istiadat yang diwariskan nenek moyang kita sejak dahulu kala” Tambah Pangeran Edward Syah Pernong.(*)

Rilis RN, Foto By Aldo

Comment here