Beranda Metro Dorong Partisipasi Pemilih, 55 Relawan Demokrasi Ikuti Bimtek

Dorong Partisipasi Pemilih, 55 Relawan Demokrasi Ikuti Bimtek

91
Dorong Partisipasi Pemilih, 55 Relawan Demokrasi Ikuti Bimtek

SKALABRAKNEWS.COM METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro menyelenggarakan bimbingan teknis dan pengukuhan Relawan Demokrasi guna meningkatkan partisipasi pemilih yang berlangsung di gedung Barokah Meeting Point (BMP) Kota Metro, Minggu (27/1/2019).

Diikuti 55 peserta yang berasal dari berbagai segmentasi pemilih seperti perempuan, pemilih pemula, disabilitas, kelompok agama, nitizen, komunitas dan kaum marginal. Pemilihan peserta tersebut juga disamping memperhatikan segmen, juga mempertimbangkan keterwakilan wilayah kecamatan.

Menurut Koordinator Devisi SDM, Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Metro, Agus Riyanto bahwa kegiatan bimbingan teknis tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan skil, sikap dan attitude peserta yang pada waktunya nanti akan membantu KPU Kota Metri dalam bersosialisasi guna meningkatkan partisipasi masyarakat di Kota Metro.

Baca Juga :  Tim Gugus Tugas Adakan Rapat Evaluasi Percepatan Penangan Covid-19 di Kota Metro

“Tujuannya untuk membekali peserta mengenai pengetahuan, kemampuan skill, serta sikap dan attitude. Tujuan lainnya antara lain meningkatkan kualitas proses pemilu di Indonesia, meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pemilu, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi,” katanya.

“Kedepannya masing-masing relawan ada tugas kerja, masing-masing relawan demokrasi wajib mengadakan kegiatan disegmen/masyarakat satu kali dalam seminggu, jadi dalam satu minggu setidaknya minimal ada 55 kegiatan yg dilakukan oleh relawan. Jika dilakukan dalam waktu 12 minggu (selama kurang lebih 3 bulan) maka ada 660 kegiatan yg khusus dilakukan oleh 55 relawan, yang kedua, setiap satu kelompok segmen punya kegiatan bersama disatu segmen itu satu kegiatan. Jadi 10 segmen kali 3 bulan berarti ada 30 kegiatan kelompok dari 10 segmen tersebut,” terang Agus.

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas, Intel Metro Datangi Ormas LMP

Menilik hasil pemilu ke pemilu sebelumnya, pihaknya menerangkan mengalami tren penurunan angka partisipasi masyarakat pemilih.

“Ya kita telah berkaca dari pemilu ke pemilu sebelumnya dimana mengalami tren penurunan angka partisipasi, banyak indikator penyebabnya maka dari itu kita berharap angka partisipasi di kota metro di pemilu 2019 mencapai target angka partisipasi nasional 77.5 % atau justru melebihi angka partisipasi tersebut, syukur-syukur bisa 80 % partisipasi pemilih di kota metro. Namun agenda ini juga perlu dukungan dan kerjasama semua pihak (stakeholder) untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2019,” tungkasnya. (Nanda).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here