Berhasil Tangkap Pelaku Pemalsuan Administrasi Kendaraan Bermotor, AKP. Edi Qorinas : Hadiah Akhir Tahun

foto Kasat Reskrim Polres Tanggamus AKP Edi Qorinas SH

Tanggamus – Tim Keamanan Anti Bandit 308 Polres Tanggamus berhasil meringkus 2 tersangka pemalsuan adminitrasi surat kendaraan bermotor, Senin (10/12) kemarin.

Kasat Reserse Polres Tanggamus, AKP. Edi Korinas mengatakan cukup sulit mengungkap para pelaku ini, Sebab butuh waktu sebulan Tekab 308 melakukan penyelidikan kasus pemalsuan tersebut. Setelah dipelajari dari modus para pelaku itu

Tim Gabungan berhasil menangkap 2 tersangka, Kusal (53) warga Pekon Landbaw, Gisting dan Fatoni (45) warga Pekon Banjar, Talang Padang.

_“Tidak mudah mengungkap modus pelaku, Sebab tim kita butuh waktu sebulan menyelidiki. Setelah kita pelajari dengan matang, Kita berhasil meringkus kedua pelak”_ Kata Edi Korinas saat dihubungi tim redaksi.

Baca Juga :  Tekab 308 Polres Tanggamus Tangkap Terduga Pembobol Rumah Dinas PN Kota Agung

Edi sapaan akrab menjelaskan, Modus pelaku mulai dari memodifikasi nomor rangka dan nomor mesin sepeda motor hasil kejahatan, Kemudian mendapatkan STNK dari kolektor/salah seorang tersangka mendapatkan sendiri di Tangerang, Kemudian mengetok nomor rangka dan nomor dengan STNK yang mereka dapatkan.

_“Dapat direkontruksi kejahatan para tersangka ini, Dimana Kusal (53) telah menggencarkan aksinya selama 1 tahun setidaknya 40 sepeda motor telah dijual pelaku. Sejak setahun terakhir, 20 sepeda motor mendapatkan dari penjual kemudian dimodifikasi noka, nosin dijual mendapatkan keuntungan 300 – 500 perunit. Ada juga jasa ketok sekitar 20 sepeda motor, sebanyak 20 unit, masing-masing dibayar 150 ribu. Kemudian mendapatkan STNK dari tersangka bernama Fatoni. Fatoni (45) adalah warga Pekon Banjar yang juga menggencarkan aksinya sejak 2 tahun terakhir mengakui puluhan sepeda motor telah dimodifikasi. Berbeda dengan Kusal yang menggunakan system masih manual, Fatoni menggunakan sistem yang sudah online baik untuk mencari motor maupun STNK. Tersangka ini khusus membeli dan mengetok jadi dia tidak terima jasa dengan meraup keuntungan berkisar antara 300 – 500 perunit yang didapatkan dari pelanggan yang sama dari luar daerah”_ Jelas AKP. Edi Korinas.

Baca Juga :  Satreskrim Polres Tulang Bawang Tangkap Tiga Pelaku Pembobol Rekening Nasabah Bank Swasta Kerugian Puluhan Juta

Penangkapan kedua tersangka tersebut berdasarkan kasus Curat Ranmor yang terjadi di Wilayah Pagelaran, Rabu (5/12) lalu yang diperkirakan terjadi sekitar pukul 01.30 WIB tepatnya di Pekon Pasir Ukir Pringsewu.

Dalam kejadian itu, Telah kehilangan berupa 1 unit sepeda motor merk Honda Beat warna biru putih dengan Nomor Polisi BE 6251 UP milik korban.

_“Dalam perkara tersebut berhasil diamankan 4 sepeda motor berbagai jenis dan 8 lembar stnk, selain itu sejumlah alat berupa 2 set alat ketok mesin motor, 3 kunci pas T, 2 botol cat semprot, 1 botol pembersih mesin. Juga buku tabungan Bank BRI dan 3 unit Handphone”_ Pungkas Edi.(red)

Comment here