Kirab Pasukan Kerajaan Adat Sekala Brak Kepaksian Pernong di Tanah Datar Pagaruyung, Sumatera Barat.

250 punggawa kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong Mengikuti Kirab Budaya kerajaan di kerajaan pagaruyung

Pagaruyung — Kirab Pasukan Kerajaan Nusantara pada event Festival Keraton Nusantar XII 2018 yang di langsungkan di Kerajaan Pagaruyung, Sumatera Barat dari 27-31 November 2018. Kirab pasukan kerajaan di mulai dari Benteng Fort van der Capellen yang diikuti oleh Pasukan Istana Silindung Bulan, Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepksian Pernong, Keraton Kaprabonan Cirebon, Kerajaan Simalungun, Kesunanan Surakarta Hadiningrat, Kesultanan Bima, Kesultanan Pekan Baru Riau (Keraton Palelawan), Keraton Kacirebonan Cirebon, Kesultanan Luwu (keraton langkane), Kesultanan Negeri Serdang, Kesultanan Bulungan, dan Kesultanan Bacan.

Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, yang berada di urutan kirab kedua, menjadi kerajaan yang menurunkan pasukan terbanyak dan menjadi peserta kirab yang terpanjang. Sedikitnya 250 Punggawa kerajaan diutus ke Pagaruyung untuk mensukseskan acara Festival Keraton Nusantara XII. Disaksikan oleh para sultan Nusantara, pejabat daerah Sumatera Barat dan Pejabat daerah Kabupaten Tanah Datar dan masyarakat Tanah Datar, Pasukan Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brat yang terdiri dari Saibatin Kepala Marga, Saibatin Kebandaran, Raja Jukku, Batin Kepala Sumbai,  Kepala Kebu, Panglima Adat dan Wakil Panglima Adat, para Bahatur dan para Pendekar, serta para muli mekhanai Paksi, Jajakh Itton dan Jajakh Kiemas, Tekhakot Pedang dan Tekhakot Tumbak, Pasukan Panah Sekilap Wawwas, tim seni kerajaan, Divisi Humas Kerajaan serta photografer dan jurnalis. Dalam rombongaan juga turut dikuti saudara “angkonan” dari masyarakat adat Pepadun.

Baca Juga :  Raja Sekala Brak Kepaksian Pernong Apresiasi dan Ucapkan Terimakasih Kepada Wakil Gubernur Sumbar

Pada saat melintasi penggung utama, pendekar Putting Beliung yang merupakan pendekar pengawal ring satu Sultan Sekala Brak menampilkan kemampuannya dalam ilmu bela diri Silik Lampung. Para pendekar Putting Beliung ini, juga sempat mendalami ilmu silat di tanah datar pagaruyung selama 2 tahun.

Juru bicara Adat Paksi Pak Sekala Bekhak Kepaksian Pernong, Seem R Canggu, Gelar Raja Duta Perbangsa, yang berada di panggung utama, menjelaskan satu persatu kedudukan para punggawa kerajaan dan peralatan kerajaan yang di bawa masing-masing punggawa.

Dipaling depan pasukan kerajaan terlihat Mayor. CHK. Yafriza Gutubela SH, adok Penatap Imbukk gelar Depati Raja Wira Negara. “Penattap Imbukh”, yang bertugas membuka jalan ketika Saibatin akan melakukan perjalanan ke suatu tempat atau muhibah.

Baca Juga :  MKKS SMKN Selampung Tengah Study Banding Ke UNP Padang

Kirab Pasukan Kerajaan dipimpin oleh 2 Panglima Wilayah selatan, yaitu Panglima Alif Jaya dan Panglima Elang Berantai, serta di dampingi oleh 3 Wakil Panglima Pangitokh Alam Wilayah Tanggamus dan Pringsewu.

Kegiatan FKN ke XII merupakan agenda tahunan Forum Komunikasi Informasi Keraton Nusantara (FKIKN) dimana Kerajaan Sekala Bkhak Kepaksian Pernong merupakan salah satu dari 47 kerajaan anggota FKIKN.

Dengan menaiki 5 buah bus besar, Para Punggawa kerjaan bersiap kembali ke Tanah Lampung, setelah selesai melaksanakan titah Paduka Yang Mulia Pangeran edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23, yaitu membesarkan nama kerajaan dan membesarkan nama Lampung di Tanah Datar, Pagaruyung, Sumatera Barat.

(Dapit S-Humas Kerajaan)

Comment here