MKKS SMKN Selampung Tengah Study Banding Ke UNP Padang

foto Ist

Padang : Sebagai kampus terbesar di wilayah Sumatera, banyak pihak yang ingin bekerja sama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). Di antaranya 75 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Lampung Tengah.

Hal itu ditandai dengan kunjungan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kab Lampung Tengah ke kampus UNP, Senin (19/11/2018). Kunjungan MKKS SMK tersebut diterima langsung oleh Rektor UNP, Prof.Ganefri, Ph.D, Wakil Rektor I Prof.Dr. Yunia Wardi, Wakil Rektor II Ir. Syahril, Ph.D, WR III Prof. Dr. Ardipal, WR IV Prof.Dr.Syahrial Bahtiar dan para dekan serta pejabat UNP lainnya.

Sedangkan rombongan Kepsek pada kunjungan tersebut dipimpin oleh H.Yos Devera, S.Pd, MM, alumni Jurusan Elektronika FPTK IKIP Padang/FT UNP. Yos Devera mengatakan kunjungan itu dimaksudkan untuk penjajakkan kerja sama SMK se-Kabupaten Lampung Tengah dengan UNP berupa peluang penerimaan siswa tamatan SMK di Kabupaten Lampung Tengah di UNP untuk beberapa jalur.

Baca Juga :  Kirab Pasukan Kerajaan Adat Sekala Brak Kepaksian Pernong di Tanah Datar Pagaruyung, Sumatera Barat.

“Kami tertarik menjalin kerjasama melihat UNP kemajuannya sangat pesat. Semoga siswa kami yang telah tamat dapat diterima kuliah di kampus ini. Apalagi kami melihat Pak Rektor dan jajarannya sangat terbuka untuk bekerja sama,” kata Yos Devera, putra Kapur IX Kabupaten Limapuluh Kota tersebut.

Selain itu juga akan dijajaki kerja sama untuk program upgrade pendidikan para guru se-Lampung Tengah. Berupa pendidikan Pascasarjana, S2 atau pun S3.

Rektor UNP, Ganefri, mengatakan UNP siap bekerja sama sebagaimana yang disampaikan oleh pimpinan rombongan Kepsek se-Lamteng. Ganefri menuturkan, saat ini UNP memiliki 103 program studi dengan 8 fakultas. Rencana tahun depan, juga akan dibuka Fakultas Psikologi. Jumlah mahasiswa UNP, 41.330 orang. Sedangkan dosen dan staf jumlahnya 2.000 orang lebih.

Baca Juga :  Raja Sekala Brak Kepaksian Pernong Apresiasi dan Ucapkan Terimakasih Kepada Wakil Gubernur Sumbar

Akreditasi UNP A sejak akhir tahun 2016. Prodinya 30 persen berakreditasi A dan selebihnya berakreditasi B. Ditargetkan dua tahun ke depan 80 persen prodi UNP berakreditasi A.Mantan Ketua Kopertis Wilayah X ini juga memaparkan program-program unggulan UNP ke depan. Termasuk program dalam menyikapi derasnya kemajuan informasi dan teknologi (IT) dan 4.0.

Selain ke UNP, rombongan MKKS SMK Lampung Tengah ini juga berkunjung ke SMKN 2 Payakumbuh, salah satu sekolah dengan katagori sebagai sekolah revitalisasi atau unggulan di tanah air. Rombongan juga berkunjung ke industri songket di Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar dan pusat oleh-oleh paling terkemuka di Sumbar, Christin Hakim.

Rombongan pada hari terakhir juga shalat berjamaah di Masjid Raya Sumbar. Sebelumnya berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Batusangkar, Payakumbuh dan Bukittinggi. Beberapa orang Kepsek sangat senang dengan kunjungan ke Ranah Minangkabau. Terlebih sambutan hangat dari Rektor UNP yang menurut mereka sangat luar biasa.(*)

Comment here