Edwar Syah Pernong Minta Masyarakat Adat Skalabrak Jaga Pancasila

Foto : Ist

SKALABRAKNEWS.COM – Sultan Skala Brak Yang Dipertuan Ke-23 Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Brigjen Pol. (Purn.) Drs. Edward Syah Pernong, S.H., M.H meminta masyarakat adat Skalabrak untuk menjaga dan mengamalkan kedaulatan Pancasila sebagai dasar Negara.

Hal itu disampaikannya menyusul maraknya pemuda yang tidak lagi mengamalkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945.

“Generasi Indonesia sesudah reformasi tahun Dua ribuan, tidak ada lagi yang belajar tentang Negara dan Pancasila alias ikut penataran Pedoman, Penghayatan, Pengalaman, Pancasila atau yang dikenal P4 seperti yang diajarkan di setiap sekolah zaman dulu. Akibatnya warga Negara Indonesia pasca reformasi banyak yang tidak menghayati apalagi mengamalkan ajaran pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” Kata Edward syah Pernong, Selasa (30/10/2018).

Baca Juga :  Tidak Dibenarkan Cakak Suttan Dalam Adat Sai Batin

Menurutnya, sebagai warga Negara Indonesia harus berpegang teguh pada azas hukum Pancasila

“Ya patokan kita Negara Pancasila, Bukan Negara Agama tertentu apalagi Khilafah. Sebagai umat Islam jelas sumber kita Al-Qur’an dan Al-Hadist. Harus tepat menempatkan dan memaknainya. Karena Dasar Negara adalah Pancasila dan konstitusi Negara UUD 1945, sebagai bentuk Negara NKRI dengan Bendera Negara Merah Putih, sudah final alias selesai untuk diperdebatkan,” kata pria yang akrab disapa Pun Edward.

Pun Edward juga tak menampik, bila persoalan pemahaman agama tidak disertai pemahaman pengalaman pancasila maka akan sia-sia

“Belajar agama tapi tidak belajar pancasila, dapat menjadi penyebab timbulnya generasi HTI dan Sejenisnya. Jika ini dibiarkan NKRI bubar, Bukanlah Isapan Jempol belaka,” pungkasnya. (Red)

Comment here