Presiden RI joko Widodo Terpukau Dengan Kerajaan Sekala brak Lampung

foto ist

Sumenep : Barisan 300 orang lebih dari kerajaan Paksi Pak Sekala Bkhak Kepaksian Pernong Lampung, menjadi daya tarik dihadapan Presiden RI Joko Widodo dan  ribuan peserta serta pengunjung Kirab Agung Keraton Nusantara, yang di gelar di Sumenep Madura Jawa Timur, Minggu  (28/10).

Iringan Kepaksian Pernong diawali dengan aban gemisikh yang mengusung Paduka Yang Mulia SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Bkhak Yang Dipertuan ke-23, diiringi oleh jajaran kerajaan dengan berpakaian adat lengkap.

“Alhamdulillah pada Kirab Agung Keraton Nusantara yang di ikuti langsung Paduka Yang Mulia, mendapatkan sambutan yang luar biasa oleh ribuan orang baik peserta maupun pengunjung, kata juru bicara Kepaksia Pernong, Seem R Canggu Gelar Duta Perbangsa , Minggu (28/10).

Baca Juga :  Turunkan 26 Personil, Humas Kerajaan dan Mulli Mekhanai Paksi Hadiri FKMA V Sumenep

Bahkan kata Duta Perbangsa, saat rombongan Kepaksian Pernong melewati panggung utama tempat berdirinya Presiden RI Joko Widodo dan ibu negara Iriana Joko Widodo, dan tamu kenegaraan lain memberikan sambutan hangat.

“Bukan hanya masyarakat biasa, bapak presiden dan ibu negara serta tamu kenegaraan memberikan aplus yang sangat membanggakan, saat rombongan Kepaksian Pernong melewati panggung utama,” jelas Duta Perbangsa.

Ia juga menjelaskan, Kepaksian Pernong yang tampil dengan berbagai atribut kebesaran kerjaan secara lengkap, mendapatkan sanjungan dari Yang Mulia Lalu Satriawangsa yang merupakan Keduataan Pejanggik Lombok NTB, memang layak ditampilkan dihadapan Presiden karena nuansa adatnya sangat kental.

“Yang Mulia Lalu Satriawangsa, mengatakan sangat pantas kalau Kepaksian Pernong sebagai salah satu peserta yang tampil dihadapan presiden dan tamu kenegaraan, karena yang ditampilkan nuansa adatnya sangat kental,” jelas Duta Perbangsa.

Baca Juga :  Penyematan Lencana Kerajaan di Malam Pagelaran Seni dan Budaya FKMA V Sumenep, Pulau Madura

Duta Perbangsa menjelaskan, pada Festival Keraton dan Masyarakat Adat  (FKMA) Asia Ke-V Tahun 2018 yang dipusatkan di Sumenep Madura Jawa Timur pada 27-31 Oktober, kehadiran Yang Mulia Paduka Edward Syah Pernong didampingi Putra Mahkota Pangeran Alprinse Syah Pernong.

“Kehadiran Yang Mulia bersama Putra Mahkota, menjadi energi tersendiri bagi duta adat Kepaksian Pernong Lampung, untuk memberikan penampilan terbaik pada semua kegiatan yang akan diikuti,” kata Duta Perbangsa Dikutip dari netizen

Comment here