Pasukan Sekala Brak Sita Perhatian Masyarakat, Begini Ceritanya

foto ist

Sumenep – Kirab Budaya dalam rangkaian Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) Asean Ke V yang berlangsung di Sumenep hari ini (28/10) meriah.

Dalam kegiatan tersebut, Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong menerjunkan pasukan sebanyak 300 punggawa dan 27 pusaka kerajaan yang dibawa oleh para bangsawan tinggi, panglima dan wakil panglima, bahatur, hulubalang serta abdi dalem kerajaan.

Berdasarkan pantauan tim redaksi, Dari sejumlah perserta yang hadir, Sekala Brak merupakan kerajaan dengan perserta terbanyak dan terbesar yang hadir dalam kegiatan yang akan ditutup pada hari Rabu (31/10) mendatang.

Ada yang unik dalam barisan perserta kirab yang digelar mulai pukul 15:30 WIB sore tadi. Iring-iringan pasukan Sekala Brak menyita perhatian para pengunjung yang hadir. Sebab banyak para pengunjung yang bertanya dan meminta izin untuk mengabadikan moment yang tak banyak terjadi ini.

Baca Juga :  Presiden RI joko Widodo Terpukau Dengan Kerajaan Sekala brak Lampung

Ari Munandar, Salah satu warga Sumenep yang hadir menyaksikan kirab budaya sempat tercengang dan berusaha merapat kebarisan pasukan ditengah para pengunjung yang padat hanya untuk mengabadikan moment.

Saat dihampiri tim redaksi yang penasaran dengan pria berumur 24 tahun ini mengatakan apresiasi dan senang terhadap keunikan adat istiadat Sekala Brak khususnya para gadis-gadis (Muli Paksi) yang mengenakan Siger yang menjadi mahkota perempuan Lampung.

“Diawal saya tanya-tanya kepanitia yang jaga barisan, Ini rombongan dari mana ya mba ? Ternyata dari Lampung. Wah indah sekali ya, Gadis-gadis mengenakan mahkota diatas kepalanya” Pungkas Ari.

Selain Ari, Banyak pengunjung lainnya yang bertanya saat pasukan melewati panggung utama, ” Itu pasukan darimana ya..?”.

Baca Juga :  Penyematan Lencana Kerajaan di Malam Pagelaran Seni dan Budaya FKMA V Sumenep, Pulau Madura

Rosim Nyerupa

Comment here