Dari Bumi Makasar, Karaeng Gajang Apresiasi Kerajaan Sekala Brak

foto ist

Makassar – Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke 23, Paduka Yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Beliau Pangeran Edward Syah Pernong bersama 300 lebih pasukan kerajaan adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong Lampung turut memeriahkan Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) Asia Ke V tahun 2018 di Kabupaten Sumenep, Madura Provinsi Jawa Timur.

Acara yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo siang ini berlangsung sejak 27 hingga 31 Oktober 2018. Agenda yang berlangsung setiap tahun sekali ini bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi antar keraton senusantara dan meningkatkan peran sebagai warisan budaya bangsa Indonesia dengan rangkaian kegiatan yang akan digelar seperti kirab budaya, pameran keris internasional, peresmian museum keris, dan lainnya.

Pasukan Sekala Brak yang terbilang paling ramai tersebut mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Apresiasi tersebut salah satu diantaranya hadir dari bumi Makassar, Forum Adat Bugis.

Ucapan yang disampaikan secara tertulis oleh Muhammad Hatta Hamzah selaku Ketua Forum Adat Bugis melalui surat resmi yang disampaikan kepada Pangeran Edward Syah Pernong.

Dalam surat tersebut, Muhammad Hatta Hamzah yang akrab disapa Karaeng Gajang ini mengatakan mendoakan kerajaan sekala brak senantiasa jaya dalam menghadiri acara Festval keraton dan Masyarakat adat  Asia V.

“Jayalah kerajaan sekala Bekhak Kepaksian Pernong, dalam menghadiri acara Festval keraton dan Masyarakat adat  Asia V” Kata Karaeng Gajang.

Disamping itu, Karang Gajang juga menyampaikan bahwa Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke 23 merupakan pemimpin yang Arif dan Bijak, Pemelihara marwah adat dan budaya dalam bingkai NKRI.

“Dibawah kepemimpinan raja yang arif dan bijak pemerlihara marwah adat dan budaya sebagai jatidiri dalam bingkai NKRI. Paduka yang Mulia, brigjen Pol/ Purn Drs Edward Syah Pernong, beserta para, bangsawan tinggi, Hulu balang, punggawa, para panglima, bahatur dan para pendekar. ” Lanjut Karaeng Gajang, Diraja Wilayah Karaeng Bori Sallo, Bate Salapang Kerajaan Goa.

Dalam penutup surat yang dikirim langsung kepada Pangeran Edward Syah Pernong, Diraja Wilayah Karaeng Bori Sallo, Bate Salapang Kerajaan Goa itu mendoakan pasukan Sekala Brak sampai kembali ke Lampung dalam keadaan sehat dan selamat.

“Aa Allah limpahkanlah rahmad dan kasih sayangmu kepadanya dan kembali ke Bandar Lampung dengan selamat, amin yaroball alamin. Qabul hajatuna ya rabba,”  tulis ketua Forum masyarakat adat bugis makassar Indonesia. Ketua Drs.Muhammad Hatta Hamzah, MM. Krg. Gajang, Diraja Wilayah Karaeng Bori Sallo, Bate, Salapang Kerajaan Goa.

Rosim Nyerupa

Comment here