Turunkan 26 Personil, Humas Kerajaan dan Mulli Mekhanai Paksi Hadiri FKMA V Sumenep

foto ist

Sumenep : Gelaran acara Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN (FKMA) ke-V digelar di Keraton Sumenep merupakan acara masyarakat se Association of South East Asia Nations (ASEAN) yang di adakan di Sumenep, Madura dari tanggal 27 – 31 Oktober 2018.

Tujuh kerajaan dari negara tetangga telah menyatakan akan ikut serta pada agenda FKMA V meliputi India, Malaysia, Filipina, Pakistan, dan Brunei Darussalam. Selain lebih dari 58 kerajaan se-Nusantara akan ikut menurunkan pasukannya dalam acara Kirab Budaya yang akan di laksanakan pada Minggu malam tanggal 28 Oktober 2018. Perhelatan adat tahunan ini rencananya dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Divisi Humas Kerajaan Sekala Brak, yang merupakan salah satu lembaga kerajaan yang di percaya Paduka YM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23 untuk merencanakan persiapan Agenda dari FSKN ini, bersama-sama dengan unsur unsur Lembaga Kerajaan yang lain, seperti Juru Bicara Kerajaan, Dewan Adat, unsur Kepanglimaan dan Divisi Kesenian Kerajaan.

Baca Juga :  Penyematan Lencana Kerajaan di Malam Pagelaran Seni dan Budaya FKMA V Sumenep, Pulau Madura

Menurut keterangan Sekretaris Humas Sekala Brak Kepaksian Pernong, Dapit S, persiapan untuk mengikuti acara FKMA V Sumenep di lakukan kurang lebih selama satu bulan. “Kami intesn mengadakan rapat koordinasi dengan unsur kepanitiaan FKMA yang berasal dari Perangkat Adat Kerajaan yang berasal dari 6 kabupaten + kota Bandar Lampung, yaitu Lampung Barat, Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Kalianda Lampung Selatan, serta kerabat Kerajaan dari Lampung Tengah. Seluruh personil dan armada untuk ke Sumenep telah di berangkatkan. Tempat tinggal selama di sumenep untuk 300 san personil juga telah siap, di support oleh keluarga Kerajaan, Pangeran Sangun Ratu yang juga merupakan Kapolrestabes Surabaya. Alhamdulillah Pemprov Lampung, Pemda Lampung Barat, Pemda Pesisir Barat, Pemda Pesawaran dan Polda Lampung beserta jajarannya memberikan support bagi terlaksananya acara ini” ujar Dapit S, di tempat istirahat dalam perjalan ke Sumenep, RM. Kurnia, Kendal, Jawa Tengah (26/10/18)

Baca Juga :  Presiden RI joko Widodo Terpukau Dengan Kerajaan Sekala brak Lampung

Dalam agenda FKMA V Sumenep, Divisi Humas dan Mulli Mekhanai Paksi memberangkatkan 26 personil tergabung di dalam 1 armada Bus, yang berkonvoi dengan armada bus yang membawa team keseniaan kerajaan dari Tanggamus dan unsur Bahatur Punggawa dan Pasukan Panah Sekilap Wawas dari Pringsewu, menyusul 4 armada bus lainya yang sudah lebih dulu menuju Sumenep membawa personil perangkat adat Kerajaan Sekala Brak dari wilayah Way Handak, Lampung Barat dan Pesisir Barat.

Dengan total jumlah kekuatan lebih dari 300 personil, Kerajaan Sekala Brak siap ikut mensukseskan FKMA V Sumenep.(Davit)

Comment here