HMI Bandar Lampung Kecam Penggusuran Wilayah Perkampungan Warga Pasar Griya Bandar Lampung

foto Ist

SkalaBraknews.comBandar Lampung – Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandar Lampung mengecam tindakan yang di lakukan oleh pemerintah kota bandar lampung yang melakukan penggusuran wilayah pemukiman warga Pasar Griya, Sukarame, Bandar Lampung 20/07 siang tadi.

Hal tersebut disampaikan oleh Edwin Juantara, Ketua Bidang HAM dan Lingkungan Hidup HMI Cabang Bandar Lampung.

Edwin menilai penggusuran yang dilakukan oleh pihak Satpol PP pemerintah Kota Bandar Lampung dianggap semana-mena. Sebab pengosongan lahan tersebut membuat resah warga karena tidak ada alternatif lahan baru yang disiapkan oleh mereka.

“Kita mengamati bagaimana pemerintah kota Bandar Lampung melalui Satpol PP semena-mena melakukan penggusuran perkampungan warga disana, Sementara Pemkot belum terlihat apakah sudah mengupayakan tempat alternatif bagi warga Pasar Griya” Tegas Edwin.

Baca Juga :  Laga Home Perdana Perseru Badak Lampung FC Kalah Tipis 0-1 Atas PSIS Semarang

Kabid HM dan Lingkungan Hidup ini juga menambahkan bahwa Pemkot seharusnya melakukan koordinasi dan komunikasi melalui pendekatan persuasif kepada warga setempat sehingga tidak terjadi penolakan yang mengakibatkan bentrok antara petugas dengan warga sekitar.

“Kita sangat menyayangkan terjadinya bentrok antara petugas Pol PP dan warga setempat. Hal ini menunjukkan komunikasi pemerintah dengan warga tidak terjalin dengan baik sehingga terjadi penolakan. Kita mempertanyakan bagaimana komunikasi pemerintah sebelum penggusuran dilakukan” Imbuh Edwin.

Dengan kondisi tersebut, Edwin Mengatakan bahwa Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Bandar Lampung secara tegas mengecam tindakan yang dilakukan oleh petugas satpol PP siang tadi.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Satpol PP adalah elemen dari pemerintah, Seharusnya tidak semena-mena” Kata Edwin.

Baca Juga :  Gubernur M.Ridho Ficardo dan Mendagri Tjahjo Kumolo Buka Diklat Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa

Kabid HAM dan Lingkungan Hidup ini juga menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat khususnya OKP-OKP yang ada di Bandar Lampung untuk Bersama-sama menyatukan barisan untuk memperjuangkan hak rakyat.(RSM)

Comment here