Tombak Pusaka “PETAKHA LIMA” Ini Kata Pangeran Edward Syah Pernong

foto novan saliwa

Tombak Pusaka ” PETAKHA LIMA ” atau disebut juga Tombak “Cambai Mak Bejunjungan”, adalah pusaka yang berstatus dan bernilai tinggi di Sekala Brak Kepaksian Pernong. Menurut warahan yang disampaikan langsung oleh Sai Batin Kepaksian Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke 23, bahwa keberadaan pusaka ini diperkirakan sudah ada sejak abad 13 Masehi, serta pusaka yang memberi isyarat tentang keutamaan 5 perkara dialam ini.

Petakha Lima mengajak kita mengingat kembali tentang adanya 5 Rukun Islam, adanya gelar Ulul Azmi bagi 5 Nabi dan Rosul utama, adanya perintah Sholat 5 Waktu, dan adanya 5 Lapisan Penyusun Bumi (Atmosfer, Hidrosfer, Lithosfer, Kriosfer, Biosfer). Dan yang sederhana, ada 5 jari tangan kita yang memilki fungsi masing-masing namun tetap dalam satu kesatuan.

Baca Juga :  Pangeran Edward Syah Pernong : Klaim KAS Dinilai Upaya Makar

Dari bentuk dan guratan yang ada pada tombak itu, ujungnya persis dengan daun sirih / cambai, maka dikenal pula tombak pusaka ini dengan Tombak Pusaka Cambai Mak Bejunjungan, didalam buku Tamong Dalom Syafei bahwa arti Cambai Mak Bejunjungan itu sakti dan berdikari, tegak berdiri melewati zaman kezaman tanpa penopang, itulah Simbol Paksi Pak Sekala Brak. Jumlah 5 daunnya menunjukkan ikatan dan komitmen ” Cumbung Pak Kelima Sia “, Empat Paksi dan yang kelima Buay Nekhima ( keturunan penerima tugas sebagai bendahara Paksi yaitu Si Bulan di Way Nekhima saat sebelum hijrah dan setelah hijrah diteruskan oleh keturunannya Si Nyata ).

Tombak Pusaka Petakha Lima ini hanya dikeluarkan oleh Sai Batin pada moment khusus. Menyibak kembali sejarah perjuangan berabad-abad lalu Empat Umpu bersaudara dan satu nabbainya ( Si Bulan yang berjuang I’lai Kalimatillah ( Lailahaillalloh Muhammadarrosululloh ) di Bumi Sekala Brak, menumpas segala kemusyrikan dan kejahiliahan suku tumi bersama ratunya, menumbangan sesembahannya. Beberapa Pusaka yang masih tersimpan dan belum dikeluarkan oleh Sai Batin Kepaksian Pernong, salah satunya adalah Tombak Tumi, bagaimana keunikan baik dari segi bentuk, nilai dan sejarahnya ? Kita nantikan saja ” Kekalau Tepokh.

Baca Juga :  Pangeran Edward Syah Pernong Harum Ditengah Masyarakat Sulawesi Selatan

( Novan Saliwa )

#adatlampung #tombakpusaka #pusakalampung #sejarahlampung #sekalabrak_treasureoflampung #kepaksianpernong

Comment here