Cegah Demam Berdarah, Kepala Lapas Gunung Sugih kukuhkan kader Jumantik Narapidana

SKALABRAKNEWS.COM : Gunung Sugih INFO_PAS.Tingginya angka kejadian demam berdarah di wilayah kerja Puskesmas Gunung Sugih termasuk Lapas menjadi perhatian khusus bagi pihak lapas dengan tingginya jumlah hunian narapidana yang sedang menjalani pidana hilang kemerdekaa . Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Lampung Tengah, Lapas mengukuhkan kader jumantik narapidana.

Hal ini disampaikan Kepala Lapas Gunung Sugih, Syarpani saat acara kegiatan Sosialisasi dan peningkatan kapasitas kader jumantik dalam upaya pencegahan penyakit demam berdarah di Lapas Gunung Sugih. Senin, 9/7

Syarpani menyampaikan bahwa Kader jumantik yaitu merupakan anggota warga binaan di lapas yg sukarela mau ikut memantau keberadaan nyamuk aedes aegypti di Blok Huniannya

“Hari ini saya melantik kader jumantik, kita turut prihatin dengan tingginya pasien DBD wilayah Gunung Sugih. Kita mencegah sebelum terkena wabah. Kader ini para Napi yang kita latih dan ditunjuk berdasarkan hasil penilaian dari tim medis Puskesmas”, ujar bapak tiga anak ini.

Baca Juga :  Supran anggarkan add untuk penanganan dan pencegahan covid 19

Syarpani berterima kasih atas partisipasi pihak untuk pencegahan wabah.

” Terimakasih kepada tim dari Puskesmas Gunung Sugih atas kerjasama dalam kegiatan ini. Kami mengakui dengan kapasitan lapas yang overcrowded tentu berdampak terhadap kebersihan lingkungan, makan pelatihan ini sangat penting demi terwujudnya lapas bebas dari segala macam penyakit”, tutup pria yang baru saja menerima bantuan obat obatan dari dinkes pemkab lamteng ini.

Sementara itu, Kapuskesmas Gunung Sugih mengatakan bahwa tugas para kader jumantik ini yaitu memantau keberadaan nyamuk di tempat penampungan air, mengecek keberadaan pakaian yg tergantung, mengecek kolam ikan bebas jentik dan ruangan kosong di pastikan bebas jentik serta membuat laporan secara rutin ke puskesmas

Baca Juga :  Tangkal Penyebaran Covid-19, Forum Muli Mekhanai Bagikan Ribuan Masker Gratis di Lampung Tengah

” tugas kader menjaga kebersihan tempat tempat yang telah ditentukan, dibawah bimbingan petugas lapas nantinya membuat lapora secara berkala kepada kami”, ujar Yanti.

Kerjasama dengan lapas ini merupakan kerjasama kesekian kali nya di lakukan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan yg optimal. Adapun kerjasama yang sudah berjalan diantaranya pemeriksaan kesehatan rutin dari puskesmas dua kali dalam seminggu oleh dokter puskesmas , pemeriksaan TB paru, pemeriksaan hepatitis HIV dan Aids, pemeriksaan urine anti narkoba, pemeriksaan Germas dan penyuluhan nya, terakhir kerjasama dalam pemberantasan stunting dg pemenuhan jamban sehat di wilayah kerja Puskesmas dg mengikuti pelatihan STBM Stunting di Dinkes Provinsi yg di sponsori oleh Kementerian Kesehatan RI dengan peserta Kepala Lapas dan Tim Forkompinda Lampung Tengah.(*)

Baca Juga :  Teruskan Himbauan Bupati Loekman,Pemuda Ini Sosialisasikan PHBS Cegah Corona

Kontributor: Suryanto.

Comment here