LAMBAN PERSATUAN MAHASISWA DAN PEMUDA LAMPUNG BARAT DIRESMIKAN

Skalabraknews : Bandarlampung : Berawal dari gagasan/ide beberapa Mahasiswa dan Pemuda Lampung Barat, yang berkeiinginan untuk memajukan daerahnya, serta mempererat tali persaudaraan mahasiswa dan pemuda Lampung Barat,yang walaupun berada di luar daerah agar selalu menjalin silaturahmi, dan bisa saling tolong menolong,
Dengan harapan agar adat, budaya, dan wisata bisa lebih maju dan dikenal oleh masyarakat umum.
Karena banyaknya wacana yang bertujuan untuk kepentingan umum dan golongan, Mahasiswa dan Pemuda ini membentuk sebuah organisasi yang di sebut PERMA LAMBAR.
dari besarnya keinginan tersebut dengan usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh Mahasiswa dan pemuda Lampung Barat, saat ini telah mendapat pengakuan resmi secara tertulis dalam LAMPIRAN KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR AHU-0006916.AH.01.07. TAHUN 2018 TENTANG PENGESAHAN PENDIRIAN BADAN HUKUM PERKUMPULAN PERMA LAMBAR.
Yang di tanda tangani langsung oleh a.n MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA PLT. DIREKTUR JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM, Cahyo Rahadian Muzhar, S.H., LLM. Jakarta, Tanggal 18 Mei 2018.
Dengan Ketua Umum sah PERMA LAMBAR, Hendrik Kurniawan, S.H
Dan Sekretaris Umum, Winda Julianti. S.Pd

Baca Juga :  HIMPUN ADAT SAI BATIN PAKSI PAK SEKALA BEKHAK INI HASILNYA

Saat ini, dibawah kepemimpinan Ketua Umum, didampingi para Pembina, Organisasi ini sudah berjalan aktif dengan program kerja yang dibuat bersama kader-kader PERMA LAMBAR.
Seperti acara yang baru saja berlangsung yaitu Peresmian Lamban PERMA LAMBAR yang di resmikan langsung oleh Ina Batin Dr. Elina Rupaidah, M.Si adik kandung SPDB Edward Syah Pernong Sultan Skala Brak Kepaksian Pernong,
Ina Batin Berpesan dalam sambutannya” PERMA LAMBAR harus menjadi organisasi yang mandiri, aktif dan kreatif dalam melestarikan adat budaya Lampung Barat serta menjadi organisasi yang indepandent tidak ikut-ikut dalam ajang perpolitikan, seyogyanya organisasi mahasiswa harus mampu menjadi agent of chang dan agent of contro bagi pemerintah Daerah”.

Baca Juga :  In Memorial SUBKI ELIAS HARUN Mantan Wakil Gubernur Lampung

Dalam Presmian tersebut Ketua Umum PERMA lambar Hendrik Kurniawan, S. H menyampaikan banyak trimakasih kepada semua pihak yang turut membatu dalam suksesi acara presmin ” saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Sanggar Way Tipon yang turut mendukung dan membantu dalam setiap kegiatan-kegiatan perma lambar dan juga kepada seluruh pihak yang tidak dapat saya sebut satu persatu”

Dalam Peresmian Lamban PERMA LAMBAR terdapat beberapa kegiatan lainnya yang memperkenalkan adat budaya Lampung Barat seperti, “Nangguh yang artinya pamitan atau meminta izin melangsungkan acara, Nanjakh yaitu sebutan proses makan adat Lampung Barat Sai Batin, dengan menyajikan (sambol matah, gulai khattak tuoh, gulai kuah iwa) dan Tunjuk Tawai yaitu bimbingan kepada semua mahasiswa dan pemuda.
Setelah acara ini ada acara Marok, dan Tunjuk Tawai langsung dari Sultan Junjungan Sakti Kepaksian Belunguh YM Paduka Yanuar Firmansyah, kepada seluruh mahasiswa dan pemuda Lampung Barat.
Harapan langsung Ketua Umum PERMA LAMBAR dengan adanya LAMBAN PERMA LAMBAR ini, agar mampu menjadikan organisasi yang mandiri, aktif, dan kreatif serta menbentuk kader-kader yang sadar akan adat budaya Lampung Barat.
Dan dari semua kegiatan yang dilakukan, memberikan banyak manfaat bagi seluruh mahasiswa dan pemuda Lampung Barat yang ikut andil dalam acara tersebut.
saat ini, masih banyak mahasiswa dan pemuda lampung yang kurang memahami adat dan budayanya sendiri, karena itu disini mereka mendapat pelajaran yang memperluas wawasan untuk selalu cinta dan mengembangkan adat, budaya mereka,
juga bisa mengembangkan pola fikir bagaimana cara agar bisa membantu memajukan daerah yang memberi manfaat untuk masyarakat umum.

Baca Juga :  PEPADUN MELASA KEPAMPANG

PESAN KHUSUS, karena masih banyak oknum luar yang mengaku sebagai Ketua, maupun Sekretaris umum PERMA LAMBAR untuk kepentingan pribadi, selanjutnya akan ditindak lanjuti secara hukum yang berlaku di Indonesia..(Rosim)

Comment here