Generasi muda penggiat adat, Mulli Mekhanai Paksi di kukuhkan

Skalabraknews.com- BANDAR LAMPUNG — Mulli mekhanai Paksi dikukuhkan pada acara Buka Puasa bersama Humas Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, RM Pindang Uwo, Senin (4/6/2018) malam.

Sebagai generasi yang tumbuh di jaman milenial, Mulli Mekhanai Paksi Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, tampil dan tetap peduli dan berbuat untuk menjaga adat dan budaya.

Semangat dan terlibat langsung dalam beberapa kegiatan budaya, hal ini mendapat apresiasi dari Paduka Yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23. Melalui Humas Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, Paduka YM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong menitahkan untuk mengukuhkan Mulli Mekhanai Paksi dengan menerbitkan Surat Keputusan.

Baca Juga :  Mewakili Lima kerajaan Besar, Puang Sangalla Tana Toraja Mendukung Pernyataan Edward Syah Pernong

Acara pengukuhan yang di kemas dengan acara Buka Puasa Bersama Humas Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, dihadiri oleh Juru Bicara Kerajaan, Raja Duta Perbangsa, Seem R. Canggu.

“Atas nama Paduka Yang Mulia Saibatin Puniakan Dalom Beliau, Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23, saya menyerahkan Surat Pengukuhan Mulli Mekhanai Paksi” disampaikan Juru Bicara Kerajaan kepada Ketua Mulli Mekhanai Paksi, Sisca Novalia.

Juru bicara juga berpesan agar kiranya Mulli Mekhanai Paksi bertanggung jawab atas amanah yang diberikan dan dapat menjadi generasi penerus yang menjadi benteng budaya, terutama untuk adat dan budaya “Sai Batin”

“Terimakasih untuk kluarga besar Kerajaan Sekala Brak wabil khusus kepada Humas Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak, yang sudah mempercayai saya untuk menjadi seorang panutan, pimpinan dari pada Mulli Mekhanai Paksi. Insya Allah amanah ini bisa saya jalankan dengan baik. Tentu semua itu tak terlepas dari bimbingan arahan dan petunjuk dari kluarga besar Kerajaan Sekala Brak” ujar Sisca Novalia yang di percaya menjadi ketua Mulli Mekhanai Paksi.

Baca Juga :  Perguruan Paku Banten Berjuang Menangkan Ridho Ficardo

Acara buka puasa bersama dan pengukuhan Mulli Mekhanai Paksi yang berlangsung sederhana namun penuh makna, dihadiri oleh para pengurus Humas Kerajaan Sekala Brak, pengurus Muli Mekhanai Paksi dan juga di hadiri oleh Puakhi Pungsu marga Tionghoa yang diwakili oleh Andi Tarmizi dan Marcel. (Dapit S)

Comment here