Baru Empat Armada Bus Laik Jalan Di Terminal Mulyojati

Tim gabungan Dinas Perhubungan Kota Metro dan Satlantas Polres Metro saat menempelkan stiker kelaikan kendaraan ke salah satu armada bus. (Foto : Arby Pratama)

Metro – Menjelang arus mudik lebaran 2018, Tim gabungan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Metro melakukan sidak di terminal Mulyojati, Kota setempat, Kamis (24/05/2018).

Menurut Kasat Lantas Polres Metro AKP M. Kasyfi Mahardika, Pengecekan kendaraan (rancek) dilakukan dari sisi teknis dan administrasi. Sisi teknis menyangkut sistem pengereman kendaraan, lampu, speedometer dan panghapus air sen.
Selain itu pengecekan dilakukan pula terhadap kondisi ban yang erat kaitannya dengan keselamatan.

“Untuk pengecekan administrasi antara lain izin trayek, kartu pengawasan, buku uji KIR dan kelengkapan surat lainnya di lakukan oleh pihak perhubungan Kota Metro. Dan untuk pemeriksaan kelaikan kendaraan bermotor sesuai prosedur. Setiap kendaraan bus yang masuk terminal harus diperiksa kelaikannya. Jika ditemukan pelanggaran harus dilakukan penilangan.Baru setelah itu tindak lanjut misalnya kembali ke pool untuk dilakukan perbaikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lagi, Penampungan Pasar Cendrawasih Terbakar

Menurutnya, semua kendaraan wajib melakukan uji kelaikan. Ia juga menyampaikan, setiap penyedia jasa angkutan diharuskan melengkapi kekurangan kelaikan untuk dapat beroperasi kembali.

“Pelaksnaaan uji kelayakan jalan ini dalam rangka menjelang mudik lebaran. Jadi kalo kendaraan yang enggak mendapat kan uji kelayakan masih ada waktu untuk melengkapi kekurangannya, dan setelah itu baru bisa beroperasi,” pungkasnya

Diketahui, Sidak yang dilakukan tersebut merupakan persiapan matang sejak jauh hari guna menyambut arus mudik Lebaran. Untuk giat pemeriksaan Laik kendaraan dan kesehatan pengemudi dimulai pukul 09.00 s/d jam 11.00 dengan lokasi di Terminal induk Mulyojati 16C, sebanyak 22 orang pengemudi yang di periksa dalam keadaan sehat. Namun ironisnya dari 15 kendaraan yang diuji hanya 4 Unit saja yang laik jalan dan 11 Unit lainnya tidak laik jalan. (By)

Comment here