Beranda Metro Ops. Patuh Krakatau 2018 Dimulai, Ini Sasaran Polres Metro

Ops. Patuh Krakatau 2018 Dimulai, Ini Sasaran Polres Metro

6

Kapolres Metro AKBP Umi Fadillah Astutik saat mengecek kesiapan anggota dalam Upacara gelar pasukan Operasi Krakatau 2018 yang berlangsung di halaman Mapolres setempat. (Foto : Arby Pratama)

METRO – Guna menertibkan kelengkapan pengendara kendaraan bermotor, Kepolisian Resort Metro hari ini menggelar Operasi Patuh Krakatau 2018. Operasi tersebut dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia selama 14 hari, mulai Kamis 26 April 2018 hingga Rabu 9 Mei 2018.

Kapolres Metro AKBP Umi Fadillah Astutik menjelaskan, operasi tersebut digelar dengan harapan dapat membangun kesadaran dan pemahaman pada masyarakat, untuk sadar dan patuh pada peraturan lalu lintas.

“Sasarannya sama dengan operasi keselamatan lalu lintas, tapi operasi ini lebih mengedepankan tindakan pre-emtif, preventif dari pada tindakan Gakkum,” ucapnya, Kamis (26/4/2018).

Baca Juga :  Ketua DPRD Metro Hadiri BIO EXPO 3 2019 AMPIBI Universitas Muhammadiyah Metro

Kapolres menjelaskan, sedikitnya terdapat delapan kesalahan fatal pengendara yang menjadi sasaran tilang Polisi lantaran dapat mencelakakan orang lain. Bagi pengendara yang tidak ingin ditilang maka harus mematuhi delapan hal berikut.

“Yang pertama sasaran kita kepada Pengemudi yang menggunakan HP saat berkendara, yang kedua yang melawan arus, kemudian berboncengan lebih dari satu menggunakan sepeda motor, ke empat pengendara yang tidak memakai helm, kelima pengemudi Masih di bawah umur, dan ke ensm ngebut atau melebihi batas kecepatan. Selain itu juga yang ke Tujuh tidak menggunakan sabuk keselamatan bagi pengemudi kendaraan roda empat atau lebih dan terahir pengemudi mabuk karena miras dan narkoba,” jelas Kapolres.

Baca Juga :  DPRD Dukung Peningkatan Pengelolaan TPAS Karangrejo

Selain meningkatkan disiplin lalu lintas pengendara, operasi Patuh ini juga diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

“Kita menghimbau juga kepada pengendara agar melengkapi surat-surat kendaraannya, dan kita menginginkan pengendara terhindar dari kecelakaan yang fatal karena tujuan utama operasi patuh ini untuk menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas. Tujuan akhir adalah untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas masyarakat terutama di Kota Metro,” papar Kapolres. (By)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here