Tingkatkan Pelayanan, Polres Metro Sediakan SKCK Online

Proses pelayanan pembuatan SKCK Online di Kantor pelayanan Mapolres Metro.

METRO – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Mapolres Metro turut serta menyediakan pelayanan pembuatan SKCK berbasis online.

Kasat Intelkam Polres Metro Ajun Komisaris Polisi Samsuri mengatakan, adanya SKCK Online dinilai dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membuat catatan Kepolisian.

“Polres Metro melayani pembuatan SKCK secara online atau daring, melalui aplikasi serve and protect integration system (SPIS). SKCK Online di Polres Metro ini mulai beroperasi dari tanggal 18 April 2018 kemarin,” Kata AKP Samsuri saat di konfirmasi awak Media, Senin (23/4/2018).

Dirinya menargetkan, masyarakat yang melakukan permohonan pembuatan SKCK dapat dilakukan dimana saja.

Baca Juga :  Ratusan Warga Metro Di Ruqiyah Massal

“Targetnya memberikan kemudahan dan kecepatan kepada masyarakat yang menjadi pemohon dalam pembuatan SKCK sehingga masyarakat bisa mengisi Formulir atau Blangko pertanyaan SKCK dimana saja. Langkah ini sebagai bagian wujud perbaikan pelayanan Polri kepada masyarakat,” ucapnya.

Tak lupa, dirinya juga memberikan penjelasan terkait langkah permohonan SKCK Online.

“Yang pertama masyarakat dapat masuk ke website SKCK Online melalui SKCK. POLRI. GO. ID. Yang kedua melakukan pendataan dan mengisi Form dan mengupload dokumen pendukung sesuai petunjuk di Website. Yang ke Tiga setelah selesai mengisi Form, maka pemohon akan mendapatkan nomor SKCK Online yang terdapat Barcode / Kode Batang. Kemudian yang ke Empat Print nomor SKCK Online yang terdapat kode batang tersebut dan dibawa ke kantor pelayanan SKCK beserta rumus sidik jari, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, KTP, dan Photo berwarna dng latar merah berukuran 4X6 sebnyak 4 lembar,” paparnya.

Baca Juga :  Warga Banjarsari 'Kepung' Kapolres Metro

Tahapan selanjutnya, pemohon dapat meberikan berkas tersebut ke petugas.

“Yang ke Lima petugas SKCK melakukan pemeriksaan berkas. Kemudian ke Enam petugas melaksanakan proses penerbitan SKCK. Setelah itu yang ke Tujuh setelah SKCK terbit, pemohon membayar PNBP sebesar Rp. 30.000,- dan mendapat kwitansi bukti pembayaran. Serta yang terakhir atau yang ke Delapan proses penerbitan SKCK Online selesai,” tandasnya.

Sementara itu, masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan SKCK itu menyampaikan, dengan adanya Pelayanan SKCK tersebut dirinya mengaku diberikan kemudahan.

“Ya sekarang sudah di permudah, biasanya kita kalo buat itu muter-muter, tapi sekarang bisa dimana saja,” ujar Alfiansyah. (By)

Comment here