Pairin Tinjau Pelaksanaan UNBK Hari Pertama

Walikota Metro Achmad Pairin saat meninjau pelaksanaan UNBK di beberapa sekolah di Bumi Sai Wawai. (Foto : Ist)

METRO – Walikota Metro Achmad Pairin meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Xaverius, SMPN 4 Metro, dan SMPN 2 Metro, Senin (23/4/2018). 

Dikatakanya, pelaksanaan UNBK di Kota Metro berjalan lancar. Hanya, ada sedikit gangguan yang terjadi secara nasional namun sudah terselesaikan. 

“Selebihnya tidak ada. Pagi tadi memang agak macet, tapi itu secara nasional. Sudah terselesaikan, pukul 08.00 WIB tadi sudah berjalan lagi. Mudah-mudahan nanti sampai selesai tidak ada gangguan lagi,” kata dia usai meninjau. 

Dijelaskanya, di SMP Xaverius siswa yang mengikuti UNBK berjumlah 127 dengan komputer 55 unit, SMPN 4 Metro 243 siswa dengan komputer berjumlah 94 dan SMPN 2 Metro 246 dengan komputer 90 unit tetapi menumpang di SMKN 3 Metro. 

Baca Juga :  Heboh, Delapan Kartini 'Keluyuran' Di Metro

“Dari tiga sekolah itu hanya SMPN 2 Metro yang kurang komputer. Itu kurangnya 61 unit. Tahun ini akan kita penuhi komputernya,” jelasnya. 

Selain SMPN 2 Metro, lanjut Achmad Pairin, ada 8 SMP yang masih menumpang untuk pelaksanaan UNBK. Namun, tahun 2019 dipastikan semua SMP di Kota Metro siap melaksanakan UNBK di sekolah sendiri. 

“Ada 9 SMP yang menumpang. Tapi tahun inikan sudah terselesaikan. Nanti pengadaan komputer itu tidak sama dengan jumlah siswanya. Misal, kalau jumlah siswa 100 paling tidak setengahnya. Karena dalam UNBK itu ada tiga sesi,” terangnya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro Ria Andari menambahkan, siswa SMP se-Kota Metro yang mengikuti UNBK berjumlah 3779 siswa. 

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas, Intel Metro Datangi Ormas LMP

“Ada 9 SMP yang masih menumpang. Tapi tahun 2019 semua SMP sudah bisa mengadakan UNBK di sekolah masing-masing,” tutupnya. (By)

Comment here