Beranda Metro Mendagri Serahkan Penghargaan Ke Pairin

Mendagri Serahkan Penghargaan Ke Pairin

15

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwai Jurai (PPD-Saburai) ke Walikota Metro Achmad Pairin. (Foto : Ist)

METRO – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan ke Walikota Metro Achmad Pairin di ballroom Swiss Belhotel Bandar Lampung, Rabu (11/04/2018).

Pemberian penghargaan tersebut menyusul masuknya nama Kota Metro sebagai penerima Penghargaan Pembangunan Daerah Sai bumi ruwai jurai (PPD-Saburai) terbaik dengan kategori Kota se- Provinsi Lampung dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah RKPD provinsi Lampung tahun 2018.

Mendagri menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang tahun 2018 tersebut sebagai dasar acuan untuk program pembangunan tahun 2018 yang harus disusun dengan memperhatikan kebijakan arahan pemerintah pusat dan juga memperhatikan usulan-usulan kabupaten dan kota se-Lampung.

Baca Juga :  Jaga Kondusifitas, Intel Metro Datangi Ormas LMP

“Selain itu juga untuk menampung usulan-usulan pemerintah kabupaten/kota yang diselaraskan dengan program pusat. Musrenbang juga membahas prioritas kerja antar kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi. Apa yang diusulkan oleh kabupaten/kota dapat bersinergi dan selaras dengan program provinsi dan bisa dibiayai melalui anggaran APBD 2018,” terangnya.

Tjahjo menambahkan Musrenbang merupakan forum yang sangat penting karena berbasis perencanaan yang terukur.

“Sekarang sudah basisnya perencanaan yang terukur, yang fokus, tahapan prosesnya perencanaannya jelas, penganggarannya juga harus jelas dan yang penting memastikan program ini selesai, maka melibatkan semua pihak di forum Musrenbang ini,” pungkasnya.

Sementara Pjs. Gubernur Lampung Didik Suprayitno menyampaikan rancangan akhir RKPD 2018 akan menguraikan tentang permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, program atau kegiatan prioritas pembangunan, indikator program atau kegiatan, lokasi, dan pagu indikatif berdasarkan OPD provinsi yang dipilah sumber pendanaannya dari APBD Provinsi, APBN, dan sumber pendanaan lainnya.

Baca Juga :  Komite MAN 1 Metro Kucurkan Bantuan Siswa Kurang Mampu

“Untuk mendorong pencapaian pembangunan pada tahun 2018 mendatang, Pemprov Lampung telah menetapkan tema Memantapkan Pertumbuhan Yang Berkualitas, Berdaya saing dan Berkeadilan dengan lima prioritas  pembangunan daerah. Guna mencapai tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan partisipasi semua pihak, baik dari pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota, kecamatan hingga desa/kelurahan. Oleh karenanya, koordinasi, integrasi, inkronisasi, dan sinergi (KISS) antar jenjang pemerintahan menjadi kunci keberhasilan bersama untuk mencapai target yang lebih baik,” tandasnya.

Dalam forum Musrenbang tahun ini juga, Penganugerahan Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwai Jurai (PPD-Saburai) diberikan kepada Pemkab Tanggamus untuk kategori kabupaten/kota, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan terbaik. Disusul Lampung Barat dan Lampung Selatan. Sementara itu, Kota Metro menjadi salah satu kota yang mendapatkan penghargaan PPD-Saburai.

Baca Juga :  Pemerintah Kota Metro Melalui Diskominfo Metro Mengadakan Sosialisasi Penerapan Lapor.go.id

Di kategori OPD Pemprov Lampung, perencanaan dan pelaksanaan pembangunan terbaik peringkat pertama adalah Dinas Ketahanan Pangan, disusul Dinas Koperasi dan UMKM, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. (By)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here