Beranda Metro Perlindungan Hukum Guru, PGRI Kota Metro MoU Dengan Polres

Perlindungan Hukum Guru, PGRI Kota Metro MoU Dengan Polres

5

SKALABRAKNEWS.COM, Metro_ Dalam rangka memberikan perlindungan hukum bagi dewan guru di Kota Metro. Persatuan Guru Republik Indonesa (PGRI) Kota METRO tekan nota kesepahaman MoU (Memorandum Of Understanding) dengan Polres Metro. Acara tersebut berlangsung di Aula SMKN 1 Metro, Senin (26/2/2018).

Ketua PGRI Kota Metro Budi Raharjo mengatakan bahwa, tujuan nota kesepakatan antara PGRI dan Polres ini untuk kepentingan bersama memberikan perlindungan bagi guru, dalam rangka pelaksanaan tugas dari guru masing-masing sesuai dengan profesinya.

“ Nah perlindungan bagi guru tentunya, juga melalui beberapa proses. Bukan berarti guru kebal dengan hukum, tetap harus mematuhi peraturan dan kode etik tenaga pendidikan. Seperti selogan kami PGRI, bahwa PGRI itu mengayomi guru mendukung sekolah aman dan nyaman,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kapolda Lampung 'Tantang' Polres Metro

Lebih lanjut, kata Budi khusus untuk perlindungan hukum antara PGRI dan Polres Metro, tentunya dalam kapasitas guru saat melaksanakan tugas disekolah.

“ Iya pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM). Selepas itu, pada jam-jam diluar sekolah  seperti libur  bila mana guru terkena kasus  yang masuk keranah hukum, nah itu diluar tanggungjawab PGRI,”tegasnya.

Ia menambahakan bila mana tenaga pendidik dan Kepala Sekolah (Kepsek) tersandung masalah administrasi hingga keranah hukum. Maka PGRI tidak memberikan pendampingan hukum.

Semerntara itu, Kapolres Metro AKBP Umi Fadillah mengatakan pada jaman dulu jika ada murid yang nakal atau tidak mematuhi peraturan maka akan dicubit dan diberi hukuman lainnya. Seiring perkembangan jaman maka hal tersebut pelan pelan menghilang dan sekarang telah ada peraturan perlindungan anak.

Baca Juga :  Walikota Akan Sangsi PNS Mangkir Kerja Usai Hari Raya

Oleh karna itu, para guru jangan takut untuk bekerja secara tupoksinya, kita harus mengupayakan memberi bimbingan yang baik secara maksimal kepada murid dan membuat murid tersebut menyayangi guru dan pelajarannya.

Perlu juga dirumuskan pedoman kerja yang memungkinkan terwujudnya perlindungan hukum dan keamanan profesi guru. Maka Polres Metro siap dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Semoga melalui MOU antara PGRI Kota Metro dan Polres Metro diharapkan membantu mencarikan solusi atau pemecahan masalah guna melindungi profesi guru,”pungkasnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here