Beranda Lampung Tengah Dukung STBM : Kemenkes RI Apresiasi Kalapas Gunung Sugih

Dukung STBM : Kemenkes RI Apresiasi Kalapas Gunung Sugih

62

 

Skalabraknews.com_Gunung Sugih : Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan suatu pendekatan untuk mengubah perilaku higine dan sanitasi melalui pemberdayaan dengan metode pemicuan, untuk sanitasi total di komunitas dengan pendekatan 5 Pilar STBM, yaitu ; 1.  Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS);  2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS);  3. Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga (PAM-RT); 4. Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS – RT); serta 5. Pengamanan limbah cair rumah tangga (PLC-RT).
Lapas Gunung Sugih telah mendukung program stop buang air sembarang dengan memproduksi closet dalam lapas dengan memberdayakan Narapidana.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Lapas Klas III Gunung Sugih, Syarpani saat mengikuti Pelatihan STBM Stunting yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Propinsi Lampung di Hotel Grand Praba. Bandar Lampung 19/3

Baca Juga :  Pemkab Lamteng Apresiasi Keberhasilan TMMD Membangun Kampung Karang Endah

Syarpani berharap agar semua kegiatan di Pemerintahan Daerah baik tingkat Kabupaten atau Propinsi dapat mempekerjakan Narapidana dalam memproduksi atau bekerja diberbagai sektor baik dalam lapas atau lingkungan luar.

” Lapas siap bekerja sama menyukseskan program pemerintah daerah. Kami sudah lakukan di Lampung Tengah dalam mendukung STBM dengan produksi closet dalam lapas untuk dibagikan warga yang belum memiliki WC”, ujar Penggagas Go Green dalam lapas ini.

Sementara itu, Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar, Kementerian Kesehatan RI, DR. Soni Priya Jaya Waraw mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Kalapas, semoga bisa dicontoh oleh Dinkes seluruh Indonesia agar bermitra dengan Lapas dalam menyukseskan Program STBM dengan memproduktifkan narapidana dengan hasil karyanya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Pembinaan Rohani Islam, Lapas Gunung Sugih MoU dengan Lima Instansi

” Luar biasa terobosan Kalapas dengan peduli lebih terhadap kesehatan lingkungan, patut dicontoh bagi lapas lain di Indonesia. Akan saya sampaikan ke Kementerian atas apa yang telah dilakukan pihak lapas Lampung Tengah, menarik sekali ini”, tutup Soni.*red*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here