Beranda Tanggamus Pembangunan Kawasan Industri Maritim Tanggamus Dimulai 2018

Pembangunan Kawasan Industri Maritim Tanggamus Dimulai 2018

51

Proyek industri

PROSES perizinan kawasan industri maritim (KIM) Tanggamus akan segera selesai akhir tahun ini. Berdasarkan hasil pertemuan Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Tanggamus, dan Pertamina pekan lalu, semua pihak sepakat untuk memulai proses pembangunan fisik KIM pada 2018 mendatang.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung Adeham menjelaskan Dirjen Pengembangan Wilayah Perindustrian Kementerian Perindustrian telah memproyeksikan Lampung sebagai basis industri kapal. Seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembangunan harus bekerjasama dengan baik agar keinginan tersebut dapat segera terwujud.

“Kita sudah bahas, akan kita mulai 2018. Ini harus dikerjakan sebaik mungkin, karena progresnya akan dipantau langsung oleh presiden setiap minggunya,” ujar Adeham di Bandar Lampung, Jumat (18/8).

Baca Juga :  Polisi Tangkap Pengedar Narkoba Paket Hemat Di Tanggamus

VP Asset Strategy Investment and Divestment Pertamina Hermawan menambahkan pihaknya kini tengah mengurus perizinan terkait pembangunan KIM, seperti sertifikasi hak pengelolaan lahan (HPL), izin prinsip, dan izin usaha kawasan industri. Semua proses perizinan ini ditargetkan selesai September.

“Saat ini masuk pada tahap izin prinsip yang diajukan ke Bupati Tanggamus dan sedang di-*review* pihak Pemda, diharapkan September terbit. Termasuk izin usaha kawasan industiri yang memakan waktu karena di situ ada proses pembuatan Amdal,” ujar Hermawan.

Untuk percepatan pembangunan KIM, Pertamina dan Kementerian BUMN telah menyiapkan perencananaan yang matang, mulai dari *masterplan* hingga *detail engineer design *(DED). Bahkan, Hermawan mengatakan pihaknya telah melakukan pendekatan dan roadshow ke beberapa negara untuk menarik investor.

Baca Juga :  Polisi Tangkap DPO Penganiayaan Berat di Tanggamus Lampung

Kadis Perindustrian Provinsi Lampung Tony Lumban Tobing menegaskan pihaknya akan berupaya menyinergikan program strategis nasional tersebut menjadi program prioritas bersama Lampung. Ia berharap proyek ini akan menjadi kebanggan masyarakat.

KIM Tanggamus merupakan satu di antara 20 Proyek Strategis Nasional yang tercantum di Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Proyek strategis nasional lainnya yang dilaksanakan di Lampung, yaitu Bendungan Way Sekampung, Bandara Radin Inten II, dan Jalan Tol Trans Sumatera.

sumber : media indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here